Selasa 28 Nov 2023 14:16 WIB

Ganjar Tawarkan Program 1 Desa, 1 Fasilitas Kesehatan di Merauke

Capres Ganjar menawarkan program 1 Desa, 1 Fasilitas Kesehatan, 1 Tenaga Kesehatan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo memulai kampanye hari pertamanya di Merauke, Provinsi Papua Selatan, Selasa (28/11/2023).
Foto: Dok.TPN Ganjar-Mahfud
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo memulai kampanye hari pertamanya di Merauke, Provinsi Papua Selatan, Selasa (28/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, memulai kampanye hari pertamanya di Merauke, Provinsi Papua Selatan. Dalam kesempatan tersebut, ia menawarkan programnya untuk menjamin kesehatan masyarakat desa, yakni '1 Desa, 1 Fasilitas Kesehatan, 1 Tenaga Kesehatan'.

Hal tersebut juga yang mendasari alasannya memilih berkampanye di desa Merauke pada hari pertamanya. Ganjar bersama pasangannya, Mahfud MD ingin menyampaikan pesan penting bahwa mereka memprioritaskan pembangunan desa terlebih dulu.

Baca Juga

"Program 1 desa, 1 faskes, 1 nakes ini khususnya di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) seperti di Merauke," ujar Ganjar lewat keterangannya di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Menurut politikus PDIP tersebut, sakit menjadi kekhawatiran utama masyarakat Indonesia, baik di kota maupun di desa. Pasalnya, anggota keluarga yang sakit dan keluarga yang merawatnya akan menjadi tidak produktif.

Maka idealnya, kata dia, di setiap desa terdapat satu fasilitas kesehatan yang layak dengan minimal satu orang tenaga kesehatan profesional. Dengan demikian, masyarakat desa bisa menjadi lebih sehat, produktif, dan akhirnya lebih sejahtera.

"Program ini adalah bagian dari komitmen Ganjar-Mahfud untuk membangun sumberdaya manusia desa," ujar Ganjar.

Di samping itu, desa merupakan asal-usul darinya dan Mahfud, yang membuat pasangan nomor urut 3 itu begitu memprioritaskan pembangunan di sana. Harapannya, desa menjadi awal dari terealisasinya Indonesia Unggul yang menjadi visinya.

"Kita akan membangun dari desa. Kalau Indonesia mau dibangun jadi lebih baik, desa-desanya harus menjadi lebih baik terlebih dahulu," kata mantan gubernur Jawa Tengah itu.

TPN Siapkan menangkan Ganjar-Mahfud...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement