Kamis 30 Nov 2023 12:55 WIB

Data DPT di KPU Bocor, Ganjar Minta Penegak Hukum Segera Bertindak

Capres Ganjar mengaku, siap bersama Mahfud mengikuti debat yang diadakan KPU.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.
Foto:

Capres Ganjar Pranowo mengaku, siap mengikuti debat yang akan digelar oleh KPU. Sejumlah hal juga dipersiapkannya, tetapi ia enggan mengungkapkannya materi tersebut. "Insya Allah kita siap. Ada pasti persiapannya," ujar Ganjar di GBI Mawar Saron, Jakarta Utara, Kamis.

Ganjar bersama pasangannya, Mahfud MD akan menyiapkan hal-hal yang sifatnya konseptual terlebih dahulu. Kemudian, disusunlah operasional dari upaya merealisasikan konsep tersebut.

"Kami pernah punya pengalaman yang bisa ditunjukan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat yakin bahwa gagasan itu akan bisa diimplementasikan," ujar Ganjar.

KPU telah menetapkan tanggal pelaksanaan lima debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Debat perdana akan digelar di Jakarta pada 12 Desember 2023.

Berdasarkan peraturan KPU, nantinya ada lima kali debat terdiri atas tiga kali debat antarcapres dan dua kali debat antarcawapres. KPU RI kini masih meramu format debat yang hidup dan menarik dan lokasi debat yang diusulkan di luar Jakarta.

Pimpinan KPU RI menggelar rapat dengan perwakilan media massa, NGO, dan kementerian di Kantor KPU RI pada Rabu pagi. Hasyim mengatakan, rapat digelar untuk meminta masukan dalam rangka menyusun format debat yang berkualitas. Sebab, masyarakat kerap mengkritik debat capres dan cawapres yang digelar KPU.

"Oleh karena itu mohon bantuan bapak ibu untuk memberikan masukan kepada kami tentang metode yang pas, yang tepat. Yang kemudian debatnya seringkali kan dikritik debatnya kayak cerdas cermat ya kira-kira begitu," ujar Ketua KPU Hasyim Asyari ketika membuka rapat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement