Jumat 01 Dec 2023 19:38 WIB

Gibran Akui Siap Debat Perdana Capres-Cawapres

Cawapres Gibran Rakabuming Raka mengaku siap mengikuti debat capres-cawapres perdana.

Rep: c02/ Red: Bilal Ramadhan
Hari pertama kampanye, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming. Cawapres Gibran Rakabuming Raka mengaku siap mengikuti debat capres-cawapres perdana.
Foto: Republika/Alfian choir
Hari pertama kampanye, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming. Cawapres Gibran Rakabuming Raka mengaku siap mengikuti debat capres-cawapres perdana.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming mengaku telah bersiap untuk debat Capres-Cawapres perdana, 12 Desember 2023 mendatang. Seperti diketahui, debat terdiri dari 5 tahap yang telah dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Debat pada 12 Desember akan membahas terkait Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi menjadi tema pada debat pertama itu.

Baca Juga

"Ya sudah dipersiapkan," kata Gibran di Balai Kota Solo, Jumat (1/12).

Gibran mengatakan persiapannya melibatkan sejumlah tokoh dalam prosesnya. Kendati demikian, ia enggan menyebutkan tokoh-tokoh itu. "Nanti ada (melibatkan tokoh, red.)," jelas dia.

Putra sulung presiden Jokowi tersebut juga mengatakan ada kolaborasi dengan Prabowo Subianto selama persiapan. "Iya (kolaborasi dengan Prabowo)," katanya mengakhiri.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah menetapkan tema untuk debat capres dan cawapres Pilpres 2024. Debat akan digelar sebanyak lima kali dengan tema berbeda.

Berikut tema lengkap debat capres-cawapres:

- Debat pertama: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi

- Debat II tanggal 22 Desember 2023 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional

- Debat III tanggal 7 Januari 2024 dengan tema : Ekonomi (kerakyatan dan digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, serta Infrastruktur.

- Debat IV tanggal 21 Januari 2024 dengan tema Tema: Energi, SDA, SDM, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat

- Debat V tanggal 4 Februari 2024 dengan tema Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan dan Kebudayaan, Kesehatan (Post Covid Society), dan Ketenagakerjaan.

Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan, tema debat tersebut ditetapkan setelah pihaknya berdiskusi dengan perwakilan tim pasangan capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023) sore WIB.

"KPU telah mengundang tim kampanye capres-cawapres untuk mendengarkan penjelaskan KPU tentang teknis pelaksanaan debat capres-cawapres," kata Idham kepada wartawan, dikutip Jumat (1/12/2023).

KPU akan menggelar debat pertama hingga kelima pada Selasa, 12 Desember 2023; Jumat, 22 Desember 2023; Ahad, 7 Januari 2024; 21 Januari 2024; dan Ahad, 4 Februari 2024. Semua debat akan dilaksanakan di Jakarta.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement