Sabtu 02 Dec 2023 11:51 WIB

TPN Ganjar-Mahfud Sebut KPU Tiadakan Debat Cawapres Menyimpang dari UU

Mahfud MD meminta debat khusus cawapres dihilangkan ditanyakan ke KPU.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis.
Foto:

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menegaskan siap jika ada debat khusus untuk cawapres. Menurut dia, seorang pemimpin harus siap jika sudah memutuskan untuk maju dalam kontestasi nasional.

"Saya siap debat khusus maupun tidak khusus, namanya calon pemimpin harus siap," ujar Mahfud usai menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/12/2023) malam WIB.

Pihaknya tentu mengikuti bagaimana peraturan dan mekanisme debat yang disusun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, Mahfud enggan mengomentari jika tak adanya debat khusus cawapres seperti pada Pilpres 2019. "Ya bilang itu ke KPU jangan bilang ke saya, kalau saya siap saja," ujar Mahfud.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan, lima putaran debat pada dasarnya terdiri atas tiga kali debat antarcapres dan dua kali antarcawapres. Kendati begitu, dalam lima kali debat itu pasangan capres-cawapres selalu hadir bersamaan. Hanya porsi berbicaranya yang dibedakan.

"Lima kali debat itu pasangan calon semuanya hadir. Hanya saja, proporsi bicaranya yang berbeda. Pada saat debat capres, maka proporsinya capres untuk bicara lebih banyak. Ketika debat cawapres proporsinya untuk cawapres lebih banyak," ujar Hasyim.

Sebagai perbandingan, lima putaran debat Pilpres 2019 digelar dengan format berbeda. Ajang adu gagasan itu digelar dengan komposisi dua kali debat dihadiri pasangan capres-cawapres, dua kali debat hanya dihadiri capres, dan satu kali debat khusus dihadiri cawapres.

Hasyim mengatakan, debat Pilpres 2024 selalu menghadirkan pasangan capres-cawapres secara bersamaan bertujuan untuk menunjukkan kekompakan mereka kepada publik. "Supaya publik makin yakin lah teamwork antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement