Ahad 03 Dec 2023 22:40 WIB

Kaum Disabilitas Provinsi Bengkulu Deklarasikan Dukung Pemilu Damai

Kelompok disabilitas siap berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi.

Penyandang disabilitas intelektual menunjukkan surat suara saat simulasi pemilu serentak 2024 (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/v
Penyandang disabilitas intelektual menunjukkan surat suara saat simulasi pemilu serentak 2024 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Kaum disabilitas di Provinsi Bengkulu mendeklarasikan siap berperan aktif dalam mewujudkan Pemilihan Umum 2024 yang damai, partisipasi dan inklusif disabilitas.

"Tahun ini bersama organisasi-organisasi disabilitas di Provinsi Bengkulu, Pusat Pemilihan Umum Akses Disabilitas (PPUAD) menggelar deklarasi pemilu damai, partisipatif dan inklusif disabilitas, di mana saat ini merupakan tahun politik yang kami juga berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi," kata Koordinator PPUAD Rahmat Istari di Bengkulu, Ahad (3/12/2023).

Baca Juga

Rahmat Istari menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan puncak perayaan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 di Balai Raya Semarak Provinsi Bengkulu, hari ini.

"Kami berharap tentunya ke depan benar-benar terwujud seperti tema puncak HDI kali ini, bersatu dalam aksi untuk menyelamatkan, mencapai SDGs, untuk, dengan dan oleh penyandang disabilitas, termasuk dalam pemilu," kata dia lagi.

Seluruh organisasi penyandang disabilitas yang ikut kegiatan puncak perayaan HDI di Bengkulu mengikrarkan deklarasi pemilu damai dan siap menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami masyarakat disabilitas dan nondisabilitas Bengkulu hadir dan siap ikut menyukseskan pemilu 2024 yang damai partisipatif dan inklusif disabilitas. Salam pemilu akses disabilitas," ujarnya.

Sebelumnya, pada 27 November 2023, Provinsi Bengkulu juga telah mendeklarasikan penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak 2024 damai dan kampanye tertib. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga telah mengajak semua elemen di Provinsi Bengkulu untuk turut serta mewujudkan pemilu yang aman damai dan kondusif.

"Tidak lama lagi kita akan menghadapi gelaran Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Oleh karena itu saya mengimbau pada seluruh jajaran dan masyarakat Bengkulu mari sama-sama mendukung dan menyukseskan tahun politik ini dengan jiwa kedewasaan yang tinggi," kata Rohidin.

Menurut dia, kedewasaan atas pilihan politik masing-masing akan membawa daerah pada kondisi yang sesuai harapan, aman, damai dan kondusif di masa penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Saling menghargai pilihan masing-masing dan bersama mewujudkan pesta demokrasi yang aman damai kondusif, serta suasana hati yang riang gembira dengan menjaga persatuan serta kesatuan dan memperkuat rasa kekeluargaan," ujarnya.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement