Selasa 05 Dec 2023 16:43 WIB

Anies Baswedan Sindir Gibran, Asam Folat Didapat dari Tanaman, Bukan Bengkel

Gibran telah meminta maaf dan mengoreksi pernyataannya asam sulfat tersebut.

Rep: Teguh/Febryan/Antara/ Red: Teguh Firmansyah
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden Anies Baswedan menyindir secara tidak langsung pernyataan Gibran Rakabumgi Raka. Sindiran itu soal asam folat-bukan sulfat-yang penting untuk penanganan stunting

Anies Baswedan dalam diskusi bersama anak muda mengatakan, menangani stunting itu tidak hanya pada usia sekolah. Namun penanganan stunting itu sudah dilakuka sebelum ibu hamil. "Jadi, kesehatan calon ibu sudah dipikirkan," ujarnya dalam rekaman video yang viral pada Selasa (5/12/2023). 

Baca Juga

Anies menjelaskan, seorang calon ibu itu membutuhkan zat besi yang berasal di antaranya dari daging. Kemudian seorang calon ibu juga penting memperoleh yodium dan ketiga, yakni asam folat. "Asam folat itu didapat dari tanaman bukan dari bengkel," kata Anies yang ditimpali moderato 'bukan asam sulfat ya Pak?"

"Asam folat," jawab Anies singkat. 

Permintaan maaf

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan permohonan maaf karena salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat yang bersifat korosif sebagai zat yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah anak stunting. Permintaan maaf disampaikan usai videonya salah sebut itu viral di media sosial.

"Apa sih kemarin saya nyebutnya? Asam sulfat ya. Ya mohon maaf, mohon dikoreksi ya," kata Gibran di GBK Arena, Jakarta, Senin (4/12/2023) malam.

"(Harusnya) asam folat. Sorry sorry ya, maaf, mohon dikoreksi," kata putra sulung Presiden Jokowi itu menambahkan.

Wali Kota Solo itu tak ambil pusing apabila masyarakat memandang negatif dirinya karena salah sebut. Dia mempersilahkan masyarakat untuk memberikan penilaian.

Sebagai informasi, asam sulfat merupakan cairan berbahaya yang biasanya dipakai untuk pembuatan aki, pupuk, pulp, dan kertas. Cairan ini juga banyak digunakan dalam industri kimia dan pupuk. Salah satu sifat asam sulfat adalah korosif karena mudah terbakar.

Adapun asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan perempuan. Bagi ibu hamil, asam folat termasuk asupan penting selain zat besi, kalsium, dan mineral.

Bukan kali pertama

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka ternyata tak hanya sekali salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat yang bersifat korosif sebagai zat yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah anak stunting. Yang terpantau awak media, setidaknya sudah dua kali putra sulung Presiden Jokowi itu salah sebut.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement