Jumat 08 Dec 2023 01:01 WIB

Budiman Jelaskan Alasan Gibran tak Perlu Datang ke Acara Debat TVOne

Gibran sebelumnya juga menegaskan hanya akan memenuhi undangan debat resmi.

Anggota Dewan Pakar sekaligus Direktur Juru Debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko ketika diwawancarai awak media di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2023).
Foto: Republika/Febryan A
Anggota Dewan Pakar sekaligus Direktur Juru Debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko ketika diwawancarai awak media di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Direktur Juru Debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Budiman Sudjatmiko​​​​ mengatakan Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka bukan pendebat profesional sehingga tidak perlu datang ke ajang debat yang digelar salah satu televisi swasta TVOne. Sebelumnya, Gibran menegaskan, hanya akan menghadiri undangan debat resmi dari KPU.

"Mas Gibran bukan seorang professional debater sehingga tentu saja beliau hanya fokus pada apa yang disediakan oleh KPU dan peraturan KPU," kata Budiman saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2023). 

Baca Juga

Menurut Budiman, Gibran hanya mempersiapkan diri untuk debat resmi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai 12 Desember 2023. Budiman menjelaskan saat ini masyarakat sedang mencari seorang pemimpin yang berpengalaman dalam memutuskan kebijakan. Karena itu, kata Budiman,  kemampuan debat bukanlah prioritas utama dalam menentukan layak atau tidak layaknya seorang pemimpin.

"Karena begini, kita memilih pemimpin presidential bukan memilih perdana menteri. Perdana menteri itu keahlian debat menjadi penting, kalau presiden keahlian eksekusi yang menjadi penting," kata dia.

Walaupun demikian, Budiman memastikan Gibran layak menjalani debat lantaran telah memiliki banyak pengalaman di bidang birokrasi selama menjadi Wali Kota Surakarta. Di luar agenda debat capres-cawapres yang digelar oleh KPU, beberapa stasiun TV dan kelompok masyarakat juga menggelar acara debat untuk tiga pasangan capres-cawapres.

Sebelumnya, TVOne menggelar sesi debat yang dikemas dalam format dialog interaktif khusus untuk calon wakil presiden di Jakarta, Rabu (6/12/2023). Dalam sesi itu, hanya ada dua calon wakil presiden yang hadir, yaitu cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

KPU RI di Jakarta, Rabu, menetapkan ada lima sesi debat resmi untuk tiga pasangan calon selama masa kampanye Pilpres 2024. Lima acara debat itu berlangsung pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengumumkan sesi debat pertama untuk capres, debat kedua untuk cawapres, debat ketiga untuk capres, debat keempat untuk cawapres, dan debat terakhir untuk capres.

 

Dengan demikian, debat pertama, ketiga, dan kelima menjadi debat antarcapres, sementara debat kedua dan keempat debat antarcawapres.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement