Selasa 12 Dec 2023 20:24 WIB

Pendukung Anies-Muhaimin Selalu Teriak 'Amin' Saat Debat Berlangsung

Debat capres pada malam ini bertema hukum, HAM, pemerintahan, korupsi, dan demokrasi.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berbicara saat menyampaikan visi misi saat debat perdana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik.  Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.
Foto:

Pada debat malam ini, Anies langsung melontarkan sindiran bagi cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, yang mampu lolos menjadi cawapres Prabowo Subianto. Anies menyebut Gibran mampu mewakili generasi milenial untuk ikut kontestasi Pilpres 2024. Tapi di saat bersamaan, banyak generasi milenial di luar sana yang justru mendapatkan kekerasan dari aparat pemerintah ketika berani mengeluarkan pendapat dan mengkritik pemerintah.

"Hari ini ada satu orang milenial bisa menjadi calon wakil presiden. Tapi di luar sana, banyak generasi milenial yang peduli dengan hidup rakyat yang lain, mengungkapkan pendapat, mengkritik pemerintah tapi dihadapkan dengan kekerasan aparat," kata Anies, saat tampil di debat perdana capres-cawapres yang diadakan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Anies menyebut saat ini hukum di Indonesia masih tebang pilih dan berbelok. Yakni tajam ke bawah tumpul ke atas. Dari Koalisi Perubahan, Anies bersama pasangannya, Muhaimin Iskandar berjanji akan kembali meluruskan hukum yang tegak lurus tanpa pandang bulu.

Anies juga menyebut saat ini Indonesia yang notabene adalah negara hukum masih gagal menjadikan hukum sebagai panglima tertinggi. Karena hukum masih digunakan sesuai kepentingan penguasa.

"Ini harus diubah. Ini harus dikembalikan. Hukum harus dikendalikan agar selalu tegak lurus bagi siapa saja," ucap Anies.

Debat perdana Pilpres 2024 digelar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa malam WIB. Tema debatnya adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Prabowo akan adu gagasan dengan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Pertarungan gagasan mereka akan disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun televisi nasional.

photo
Jadwa dan Tema Debat Pilpres 2024 - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement