Kamis 14 Dec 2023 19:03 WIB

Didampingi Erick Thohir, Prabowo Buat Akademi dan Turnamen Sepak Bola

Menurut Prabowo, bangsa yang kuat harus mempunyai generasi muda kuat.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Menhan, Prabowo Subianto
Foto: Istimewa
Menhan, Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan Prabowo didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada hari ini, Kamis (14/12/2023) meresmikan akademi sepak bola, lapangan sepak bola, dan turnamen sepak bola nasional di Bekasi, Jawa Barat.

Prabowo awalnya meresmikan Akademi Sepakbola Garudayaksa dan Gelanggang Akademi Sepakbola Garudayaksa yang digagasnya. Dalam sambutannya, Prabowo menyemangati sejumlah alter muda sepak bola yang hadir.

Baca Juga

Menurut Prabowo, bangsa yang kuat harus mempunyai generasi muda yang kuat pula. "Hanya dengan generasi muda yang kuat dan semangat, gembira, optimis, Indonesia menjadi negara yang hebat," ujarnya.

Prabowo juga meminta para atlet muda itu untuk tidak patah semangat sebelum pertandingan dimulai. Menurutnya, kalah dan menang itu hal biasa. Yang penting bersemangat dan berusaha dengan keras terlebih dahulu dalam bertanding.

Kemudian, Prabowo meresmikan pembukaan turnamen U-17 Nusantara Open 2023. Prabowo selaku Ketua Dewan Pembina Akademi Sepakbola Garudayaksa pun menyemangati para pemain agar mengerahkan seluruh kemampuan ketika bertanding layaknya ksatria yang pantang mundur.

Selain itu, kata Prabowo, optimis dan semangat itu sangatlah penting jika mereka ingin terus bertanding hingga ranah internasional. "Bertanding dengan baik, bertanding dengan gembira, bertanding seperti ksatria. Jangan jadi bangsa yang lemah, jangan jadi bangsa yang menyerah sebelum bertanding," ujarnya.

Turnamen ini merupakan yang kedua kalinya digelar, yang digagas langsung oleh Prabowo. Kali ini diikuti oleh 16 tim, terdiri dari 11 tim Elite Pro Academy (EPA) dan 5 akademi sepak bola.

Tim EPA melibatkan Persija, Persib, PSIS, Arema FC, Bali United, Borneo FC, PSM Makassar, PSS Sleman, Persis Solo, RANS Nusantara, dan Bhayangkara FC. Sementara, sebanyak 5 tim akademi yang ikut serta yaitu PSLS Lhokseumawe, Bintang Timur Atambua, Garudayaksa FA, Malut Selection, dan ASIOP Apacinti.

Sepanjang turnamen ini scouter (pemandu bakat) akan memilih bakat-bakat hebat untuk dibina di Akademi Sepak Bola Garudayaksa dan berkesempatan dikirim ke Qatar untuk berlatih di Aspire Academy, salah satu akademi sepakbola terbaik di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement