Ahad 17 Dec 2023 18:53 WIB

Prabowo Ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar

Prabowo didampingi Ketum Demokrat AHY saat berziarah ke makam Bung Karno.

Calon Presiden RI Prabowo Subianto saat ziarah ke makam presiden pertama RI Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Ahad (17/12/2024).
Foto: ANTARA/HO-Partai Gerindra
Calon Presiden RI Prabowo Subianto saat ziarah ke makam presiden pertama RI Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Ahad (17/12/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR--Calon Presiden RI Prabowo Subianto ziarah ke makam presiden pertama RI Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Prabowo mengatakan bahwa kedatangannya selain untuk ziarah sekaligus penghormatan kepada presiden pertama RI tersebut karena ikut mengantarkan Indonesia merdeka.

"Beliau pahlawan, beliau adalah proklamator, salah satu tokoh besar yang mengangkat bangsa kita merdeka. Mempersatukan Nusantara. Patut kita hormati," kata Prabowo saat di Blitar, Ahad (17/12/2023).

Baca Juga

Prabowo saat di Blitar didampingi sejumlah petinggi partai. Antara lain, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua DPD Partai Demokrat Jatim sekaligus Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, putra mendiang Rachmawati Soekarnoputri, Mohammad Mahardhika Suprapto, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Prabowo dan rombongan hadir dengan menggunakan jalur darat ke Blitar. Saat tiba di area makam Bung Karno, dia juga langsung disambut warga serta simpatisan. Prabowo lantas masuk ke lokasi makam dan berdoa. Setelah itu, dia membungkuk dan menaburkan bunga di makam Bung Karno sekaligus kedua orang tuanya.

Selesai berdoa, Prabowo keluar makam. Ia juga tetap disambut warga serta simpatisan. Teriakan "Prabowo Presiden" menggema. Selain itu, warga juga berebut ingin salaman serta berfoto.

Setelah itu, Prabowo dan rombongan melanjutkan perjalanan menghadiri deklarasi sukarelawan yang mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilu 2024 yang berlangsung di GOR Soekarno Hatta, Kota Blitar. Sebelum kedatangan Prabowo dan rombongan, area makam Bung Karno disterilisasi. Masyarakat tidak diizinkan masuk terlebih dahulu untuk beberapa waktu.

Namun, setelah rombongan Prabowo meninggalkan lokasi makam, warga kembali diizinkan untuk ziarah. Lokasi sudah dibebaskan dari sterilisasi. Sukarelawan dan simpatisan juga bergeser ke lokasi GOR Seokarno Hatta, Kota Blitar tersebut untuk menyaksikan acara deklarasi dukungan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement