Rabu 27 Dec 2023 16:08 WIB

Survei CSIS: Elektabilitas Anies-Muhaimin Ungguli Ganjar-Mahfud

Elektabilitas Prabowo-Gibran jadi yang tertinggi dengan 43,7 persen.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Direktur Eksekutif CSIS Philips J. Vermonte (tengah) dan Peneliti Departemen Politik dan Hubungan International CSIS Arya Fernandes  saat menyampaikan paparan rilis survei nasional mengenai orientasi ekonomi, sosial dan politik generasi milenial Indoneisa di Jakarta, Jumat (3/11).
Foto:

Survei CSIS ini juga memotret elektabilitas pasangan capres-cawapres berdasarkan wilayah. Anies-Muhaimin meraih elektabilitas yang hampir sama dengan Prabowo-Gibran di Sumatra, Jakarta, dan Banten. 

Adapun Prabowo-Gibran elektabilitasnya unggul di Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, serta Maluku dan Papua. Sementara itu, Ganjar-Mahfud hanya unggul di Jawa Tengah.

 

Survei CSIS ini digelar pada 13-18 Desember 2023. Survei dilakukan terhadap 1.300 responden dari 34 provinsi, yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka. Toleransi kesalahan atau margin of error survei ini kurang lebih 2,7 persen dan tingkat kepercayaannya 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement