Senin 01 Jan 2024 20:47 WIB

Timnas Amin Singgung Prabowo, TKN: Mereka Memprovokasi karena Takut Kalah

Jubir Amin sebut jika Prabowo menang 2024 maka Pemilu 2029 tak ada atau dihapus.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Indonesia Maju sekaligus Sekjen DPP PBB, Afriansyah Noor.
Foto: Dok PBB
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Indonesia Maju sekaligus Sekjen DPP PBB, Afriansyah Noor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran merespons pernyataan Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas Amin) yang menyebut Pilpres atau Pemilu 2029 bisa jadi tidak ada alias dihapus, apabila Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024. TKN menyebut, Timnas Amin menyampaikan pernyataan provokatif itu karena takut jagoannya kalah dalam Pilpres 2024.

"Framing yang dibuat timnya Amin ini ngawur dan ini provokasi. Jadi pernyataan yang memprovokasi. Mereka sudah takut kalah," kata Wakil Ketua TKN, Afriansyah Noor ketika dihubungi Republika.co.id saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (1/1/2024).

Baca Juga

Afriansyah menjelaskan, pernyataan itu ngawur karena Undang Undang Dasar (UUD) 1945 sudah mengatur bahwa pemilu digelar setiap lima tahun sekali. Karena itu, sambung dia, pernyataan juru bicara Amin itu hanya akan membuat rakyat marah.

"Kalau ada anggapan Pemilu 2029 tidak ada, itu ngawur dan itu pernyataan provokasi, sangat tendensius, dan tidak baik. Artinya mereka sudah ngeri dengan demokrasi karena pasangan mereka pasti kalah gitu. Jadi ya kita ketawain aja," ujar sekjen DPP PBB tersebut.

Afriansyah mengaku tak mau ambil pusing atas pernyataan jubir Amin itu. Dirinya dan jajaran TKN kini fokus melakukan kerja-kerja politik untuk memastikan Prabowo-Gibran menang dalam satu putaran pada Pilpres 2024.

Sebelumnya, Juru bicara Timnas Amin, Angga Putra Fidrian menyebut, apabila pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024, maka bisa jadi tidak akan ada Pilpres atau Pemilu 2029. Angga menyampaikan pendapatnya itu lewat media sosial X (Twitter) pada Ahad (31/12/2023). 

Pendapat tersebut merupakan respons atas cuitan komika Ernest Prakasa yang menyebut Anies Baswedan tampak jelas sudah menargetkan Pilpres 2029. "Ya nggak lah. Kalo 02 menang, 2029 belum tentu ada pemilu.. hadeeh," kata Angga lewat akun Twitter-nya, @AnggaPutraF, membantah asumsi Ernest.

Masih dalam cuitannya, Angga mengaku tak takut blunder karena menyampaikan pernyataan yang menyinggung Prabowo-Gibran itu. Dia menyebut, pendapat tersebut berkaca dari polemik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah syarat batas usia minimum cawapres, sehingga Gibran putra Jokowi bisa menjadi cawapres.

"MK aja bisa diakalin, apalagi nanti kalau menang. Ngeri kaleee," ujar Angga.

Kepada Republika.co.id, Angga menjelaskan bahwa Pilpres 2029 bisa jadi tidak ada apabila Prabowo-Gibran menang karena pasangan nomor urut 2 itu berniat melanjutkan Pemerintahan Jokowi. Adapun selama Pemerintahan Jokowi muncul gejala penurunan kualitas demokrasi.

Hilangkan partisipasi publik...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement