Sabtu 06 Jan 2024 06:45 WIB

2 Anggota TPN Ganjar-Mahfud Membelot ke Kubu Prabowo-Gibran

Dua anggota TPN Ganjar-Mahfud memutuskan pundah haluan dukung Prabowo-Gibran.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kanan) menjawab sanggahan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) saat debat perdana Calon Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik.  Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kanan) menjawab sanggahan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) saat debat perdana Calon Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik. Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua anggota Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud memutuskan pindah haluan menjadi pendukung pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Keduanya mengaku meninggalkan Ganjar-Mahfud karena "tersadarkan" dengan visi-misi Prabowo-Gibran.

Dua pendukung Ganjar-Mahfud itu adalah Wakil Direktur Representatif TPN Ganjar-Mahfud, Zieko CH Odang dan Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) Ganjar-Mahfud, Luhut Parlinggoman Siahaan.

Baca Juga

Luhut mengatakan, dirinya beralih karena telah sadar bahwa pilihan sebelumnya salah. Padahal, dia sudah mengundurkan diri dari jabatan Ketua KPU Tanjungbalai demi mendukung Ganjar-Mahfud.

"Setelah mundur, saya dipercaya menjadi ketua relawan. Setelah jadi ketua relawan, saya diangkat menjadi Jurkamnas. Nanti bisa dicek di Google itu banyak berita-berita terkait saya. Bahkan banyak kritik-kritik saya sebelumnya kepada pasangan Prabowo-Gibran. Tetapi tersadarkan," kata Luhut di Markas Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Luhut menjelaskan, dukungannya kepada Ganjar-Mahfud bukanlah pilihan yang tepat karena pasangan itu tak mengerti aspirasi anak muda. Menurutnya, hanya Prabowo-Gibran yang mengerti suara anak muda.

"Kalau di tim sebelah, tidak ada, bisa dicek. Dan visi misi terkait dengan pemuda yang paling jelas itu adalah pasangan Prabowo-Gibran. Bisa dicek masing-masing visi misi calon itu yang paling utama dan yang paling khusus itu untuk pemberdayaan pemuda ada pada pasangan Prabowo-Gibran," ujarnya.

Sementara itu, Zieko mengungkapkan hal serupa. Alasannya mendukung Prabowo-Gibran karena mencermati visi-misinya dalam membangun negeri.

"Saya panjang berpikiran untuk pindah ke Prabowo-Gibran ini karena saya melihat sebagai seorang aktivis saya melihat pergerakan di grassroot itu hari ini dan apa yang dilakukan oleh AMPI dan TKN Fanta itu untuk menggalang pemilih muda itu juga sangat mempengaruhi sekali di tingkatan grasroot," katanya.

Dalam kesempatan sama, Komandan Pemilih Muda TKN, Arief Rosyid Hasan mengaku senang dengan bergabungnya Zieko dan Luhut yang berbalik arah mendukung Prabowo-Gibran. Ia pun memiliki kesan tersendiri dengan keduanya.

"Anak-anak muda yang ingin berkontribusi yang ingin membersamai perjuangan Pak Prabowo dan Mas Gibran ini dan tidak ingin terjebak dalam narasi-narasi yang saling menjelekkan, narasi yang hoaks, narasi-narasi yang memecah belah," katanya.

Lebih lanjut, Arief menyampaikan pihaknya akan terus mengedepankan politik yang damai. Pihaknya prihatin jika ada salah satu ketum parpol hingga capres yang meremehkan generasi Milenial.

"Jadi saya kira keprihatinan kita ya kalau ada salah satu ketum tokoh, ketum partai politik yang berbicara 'apa kontribusi milenial?'. Ada juga salah satu capres nyinyir terhadap influencer, yang mana dia masih muda, tapi dianggap pekerjaannya apa," kata Arief.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement