Rabu 10 Jan 2024 18:02 WIB

Ganjar: Pemilu adalah Sebuah Harapan Perjuangan Perubahan

Megawati optiistis Ganjar-Mahfud mampu menang Pilpres 2024 satu putaran.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo usai menyampaikan ucapan selamat dalam perayaan HUT Ke -51 PDI Perjuangan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (10/1/2024). Tema yang diusung di HUT ke-51 PDIP yaitu Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang.
Foto: Republika/Prayogi
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo usai menyampaikan ucapan selamat dalam perayaan HUT Ke -51 PDI Perjuangan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (10/1/2024). Tema yang diusung di HUT ke-51 PDIP yaitu Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menghadiri peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-51 PDIP. Dalam sambutannya, ia menyampaikan tiga hal yang selalu disampaikan oleh masyarakat selama ia turun langsung ke akar rumput.

Pertama adalah hal-hal yang terkait dengan pemenuhan 'perut' masyarakat. Sebab, banyak daerah di Indonesia yang mengeluhkan kesulitan mereka dalam mendapatkan kebutuhan mereka untuk hidup.

Baca Juga

"Kedua, 'Kenapa kami yang tidak punya kemampuan lebih, untuk bisa membiayai pendidikan, akses kami selalu terputus, dan kami kami masuk terputus sekolah, akses pendidikan?'. Kami mengharapkan itu agar nasib kami jauh lebih baik, ketika kami mendapatkan pendidikan yang baik," ujar Ganjar dalam sambutannya di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Rabu (10/1/2024).

"Ketiga, kenapa kami tidak bisa mendapatkan akses kesehatan yang sama," tutur dia menambahkan.

Menurutnya, ketiga hal tersebut kerap disuarakan oleh ibu-ibu di seluruh wilayah Indonesia. Suara-suara tersebut juga dititipkannya kepada PDIP yang di usia ke-51 tahun ini mengusung "Satyam Eva Jayate" yang artinya kebenaran pasti menang.

Untuk merubah nasib mereka, Pemilu 2024 menjadi alat untuk menghadirkan keadilan dan kesejahteraan untuk rakyat. Momentum yang menjadi harapan akar rumput untuk mengubah nasibnya.

"Inilah bounding kita pada hari ini, dan pemilu adalah sebuah harapan perjuangan perubahan, dan PDI Perjuangan menjadi harapan untuk memperjuangkan wong cilik," ujar Ganjar.

"Agar kita semuanya nanti bisa betul-betul kemenangan itu diartikan harapan mereka akan terwujud. Itulah sesuatu yang hari ini kita rasakan, dari apa yang selalu diperintahkan kepada kita semuanya untuk selalu mendengarkan, untuk selalu merasakan, untuk selalu bergetar bersama mereka," sambungnya.

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri sendiri menyampaikan rasa optimistisnya jika Ganjar Pranowo-Mahfud MD dapat memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. Optimistisnya tersebut diungkapkan dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-51 PDIP.

Awalnya, Megawati memberikan pesan moral dalam berpolitik untuk menghadapi Pemilu 2024. Tegasnya, kebenaran harus ditegakkan demi kepentingan rakyat atau yang biasa ia sebut sebagai akar rumput.

"Jadi Insya Allah kita akan menang satu putaran. Siap?" ujar Megawati disambut teriak kesiapan kader PDIP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement