Kamis 11 Jan 2024 05:30 WIB

Dukungan Khofifah ke Prabowo-Gibran Jadi Tekanan PKB di Basis Pesantren

Khofifah akan mengkampanyekan Prabowo-Gibran di jaringan Muslimat NU se-Indonesia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa.
Foto:

Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani bersyukur Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa akhirnya menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran dan bersedia masuk TKN. Pihaknya langsung memberikan Khofifah jabatan anggota Dewan Pengarah TKN sekaligus juru kampanye nasional (jurkamnas).

"Beliau (Khofifah) sudah bersedia menjadi Dewan Pengarah di TKN sekaligus sebagai jurkam nasional di TKN. Itu surat keputusannya sudah kita bikin hari ini dan sudah saya tandatangani," kata Rosan kepada wartawan di kediaman Prabowo, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024) malam WIB.

Dengan jabatan baru tersebut, artinya Khofifah sejajar dengan para ketua umum (ketum) partai politik pendukung Prabowo-Gibran yang juga menduduki posisi anggota Dewan Pengarah TKN. Di antaranya, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra. Dewan tersebut diketuai oleh Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Rosan menjelaskan, pihaknya memberikan jabatan anggota Dewan Pengarah dan jurkam nasional kepada Khofifah karena eks menteri sosial itu tidak ingin hanya mengampanyekan Prabowo-Gibran di Jatim, melainkan se-Indonesia. Pasalnya, Khofifah memiliki jaringan kader Muslimat NU secara nasional.

"Jadi setelah berbicara dan beliau ingin bergerak all out, sehingga malah beliau yang bilang 'saya ingin menjadi jurkam nasional'. Itu justru dari Ibu Khofifah," kata Rosan.

Khofifah, lanjut dia, juga telah menyampaikan bahwa akan mengambil cuti sebagai gubernur dalam beberapa kesempatan agar bisa mengkampanyekan pasangan capres-cawapres nomor urut 2. TKN pun sangat bersyukur atas bergabungnya Khofifah ini.

"Ini akan menambah semangat kami. Kami ketahui Ibu Khofifah sebagai Gubernur di Jawa Timur, tapi juga punya basis massa yang sangat luas. Dan tentunya ini kami akan bergerak bersama-sama," kata Rosan.

Khofifah secara terbuka menyatakan dukungannya kepada Prabowo-Gibran di ruang VIP Bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (10/2/2024). "Bahwa sesuai janji saya, setelah umroh saya akan menyampaikan dukungan posisi saya, dan saya menyampaikan saya mendukung Paslon nomor 02, dan saya siap masuk jurkamnas, saya siap masuk TKN," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement