Ahad 21 Jan 2024 14:09 WIB

Prabowo-Gibran 42,2 Persen di Survei Charta Politika, Pilpres Berpeluang Dua Putaran

Menurut Charta Politika, Ganjar-Mahfud kalahkan Prabowo-Gibran di Jateng-DIY.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
 Peneliti Charta Politika Indonesia, Nachrudin saat memaparkan hasil survei terbaru di Jakarta, Ahad (21/1/2024).
Foto: Tangkap Layar
Peneliti Charta Politika Indonesia, Nachrudin saat memaparkan hasil survei terbaru di Jakarta, Ahad (21/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Charta Politika, Nachrudin, mengatakan elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di urutan pertama dengan 42,2 persen. Di urutan kedua adalah pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 28 persen disusuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 26,7 persen. 

Dengan hasil itu maka Pilpres 2024, berpeluang berlangsung dua putaran. "Kekuatan pasangan Prabowo-Gibran itu merata di seluruh wilayah," kata Nachrudin dalam paparan di Jakarta, Ahad (21/1/2024).

Baca Juga

Charta Politika membagi wilayah survei ke dalam sembilan wilayah. Adapun delapan wilayah menempatkan pasangan Prabowo-Gibran unggul, yang mencakup Sumatra, DKI Jakarta dan Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Papua. 

Di Sumatra pasangan Prabowo-Gibran menguasai perolehan suara 41 persen. Disusul pasangan Anies-Muhaimin 36 persen dan Ganjar-Mahfud 22 persen. DKI Jakarta dan Banten, Prabowo-Gibran 36 persen, Anies Muhaimin 34 persen, dan Ganjar-Mahfud 25 persen. 

Di Jawa Barat, Prabowo-Gibran meraih 47 persen, Anies-Muhaimin 26 persen, dan Ganjar-Mahfud 20 persen. Sedangkan di Jawa Tengah dan DIY, perolehan suara diungguli Ganjar-Mahfud 47 persen, Prabowo-Gibran 35 persen dan Anies Muhaimin 14 persen. 

Di Jawa Timur, perolehan suara Prabowo-Gibran 40 persen, Ganjar-Mahfud 32 persen, dan Anies-Muhaimin 28 persen. Untuk di Bali, NTB, NTT, kata Nachrudin, Prabowo-Gibran meraih 52 persen, Ganjar-Mahfud 37 persen, dan Anies-Muhaimin delapan persen.

Di wilayah Kalimantan, Prabowo-Gibran mendapatkan 49 persen, Anies Muhaimin 26 persen, dan Ganjar-Mahfud 24 persen. Di Sulawesi, pasangan Prabowo-Gibran meraup 42 persen, Anies-Muhaimin 39 persen, dan Ganjar-Mahfud 13 persen. 

Terakhir, di Maluku dan Papua, Prabowo-Gibran mendapatkan 50 persen, Ganjar-Mahfud 28 persen, dan Anies Muhaimin 17 persen. "Suara Prabowo hanya mampu dikalahkan pasangan Ganjar-Mahfud di wilayah Jateng dan DIY," ucap Nachrudin.

Survei terbaru Charta Politika dilaksanakan pada rentang 4-11 Januari 2024. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden, memakai metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka dengan margin of error adalah 2,82 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement