Selasa 23 Jan 2024 07:50 WIB

KSAD Respons Mahfud yang Sebut Aparat Jadi Backing Tambang Ilegal

Saat debat, Mahfud mengutip KPK yang sebut banyak tambang ilegal di-backing aparat.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak.
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak merespons pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, yang menyebut bahwa ada aparat dan pejabat yang menyokong (backing) pertambangan ilegal. Pernyataan itu diutarakan Mahfud dalam acara debat cawapres pada Ahad (21/1/2024) malam.

“Aparat bisa juga aparatur sipil, ya, belum lengkap itu,” kata Maruli saat konferensi pers di Mabesad, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2024).

Baca Juga

Maruli menyebut pernyataan Mahfud soal aparat belum lengkap. Pasalnya, menurut dia, istilah “aparat” bisa merujuk ke banyak hal, sehingga ia mempertanyakan aparat mana yang dimaksud Mahfud.

“Jadi, ya saya bilang begitu, aparat itu yang mana?” ujarnya.

Menurut Maruli, TNI AD telah menerapkan asas hukum kepada setiap prajurit. Ia meyakini pihaknya tidak berani melakukan sesuatu yang melanggar hukum, termasuk menyokongi pertambangan ilegal.

“Jadi, kita sulit juga lah di zaman sekarang ini, terus terang saja, kalau misalnya kita begitu-begitu, masuk video kita takut sekarang ini. Jadi, enggak seberani itu lagi kita. kita sudah mulai. Memang kadang-kadang hukum itu akan taat setelah ada pemaksaan,” ujarnya.

“Kalau kita bermain-main dengan tambang begitu menjaga-menjaga, difoto, saya yakin responsnya cepat ini,” kata KSAD.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement