Kamis 01 Feb 2024 17:29 WIB

Pamit Mundur, Mahfud Temui Jokowi di Istana Merdeka

Kepada Jokowi, Mahfud mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Menko Polhukam Mahfud MD usai menemui Presiden Jokowi untuk menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatannya, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/2/2024).
Foto: Republiika/Dessy Suciati Saputri
Menko Polhukam Mahfud MD usai menemui Presiden Jokowi untuk menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatannya, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (1/2/2024) sore. Mahfud yang juga cawapres Ganjar Pranowo ini menemui Jokowi untuk menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai pembantu Presiden.

"Baru saja saya diterima bapak Presiden bapak Jokowi ditemani Mensesneg Pratikno. Saya menyanpaikan surat tentang kelanjutan tugas saya. Intinya saya mengajukan permohonan untuk berhenti dan isi surat singkat berisi 3 hal," kata Mahfud dalam keterangan pers di Kantor Presiden usai menghadap Jokowi.

Kepada Jokowi, Mahfud pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jokowi yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjabat sebagai Menko Polhukam.

Seperti diketahui, Mahfud MD resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam). Hal tersebut disampaikannya di Pura Ulun Danu di Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah.

Mundurnya Mahfud dari kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah didiskusikannya dengan Ganjar Pranowo dan ketua umum partai politik pengusung. Termasuk sudah membicarakannya dengan pihak Istana.

"Dan saya akan melaporkan saya sudah selesai (di kabinet)," ujar Mahfud lewat siaran langsungnya, Rabu (31/1/2024).

Ia mengaku selalu membawa surat pengunduran dirinya dari Kabinet Indonesia Maju yang akan diserahkan langsung kepada Jokowi.

"Surat ini akan disampaikan begitu saya mendapatkan jadwal ketemu dengan Presiden, tapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu, begitu saya ketemu langsung, saya sampaikan surat ini," ujar Mahfud.

Tak lupa ia menyampaikan rasa hormatnya kepada Jokowi yang telah menunjuknya masuk dalam Kabinet Indonesia Maju. Jelasnya, Mahfud akan pamit dari pemerintahan Jokowi juga dengan rasa hormat.

"Makanya saya tidak akan mengatakan apa-apa sebelum saya bertemu dengan bertemu kepada Presiden. Saya hanya akan menyampaikan surat singkat saja, dengan itu tadi saya dulu diangkat dengan hormat, menerima pengangkatan dengan hormat, saya akan pamit dengan penuh kehormatan juga kepada beliau," ujar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 itu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement