Kamis 01 Feb 2024 19:20 WIB

Pamit ke Jokowi, Mahfud: Kita Bicara dari Hati ke Hati dan Sama-Sama Tersenyum

Mahfud ceritakan saat pamit ke Jokowi saling bicara dari hati ke hati dan tersenyum.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers terkait pengunduran dirinya. Mahfud ceritakan saat pamit ke Jokowi saling bicara dari hati ke hati dan tersenyum.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan pers terkait pengunduran dirinya. Mahfud ceritakan saat pamit ke Jokowi saling bicara dari hati ke hati dan tersenyum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menceritakan pertemuannya saat berpamitan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Menurut Mahfud, pertemuannya dengan Jokowi yang juga didampingi Mensesneg Pratikno, berlangsung dengan penuh kekeluargaan. Bahkan, ia menyebut tak ada ketegangan. Mahfud mengatakan, keduanya pun tersenyum gembira saat mengenang masa lalu saat mulai bekerja bersama.

Baca Juga

"Alhamdulillah bapak Presiden sama dengan saya. Kita bicara dari hati ke hati dan penuh kekeluargaan dan sama-sama tersenyum. Tidak ada ketegangan ataupun kita tersenyum gembira bercerita masa lalu ketika kita mulai bekerja," kata Mahfud dalam keterangan pers usai menemui Jokowi, di Kantor Presiden, Jakarta.

Kepada Mahfud, Jokowi menyebut bahwa Mahfud merupakan Menko Polhukam terlama sepanjang masa pemerintahannya.

"Presiden menyatakan pak Mahfud ini adalah Menko Polhukam terlama dalam sepanjang pemerintahan pak Jokowi karena dulu Tedjo tidak sampai setahun, pak Luhut setahun 4 bulan lalu, pak Wiranto 3 tahun setengah lewat 2 bulan, saya hampir 4 tahun setengah," ujar Mahfud.

Namun karena perkembangan politik, Mahfud yang juga cawapres Ganjar Pranowo mengaku harus mengundurkan diri dan fokus bekerja untuk melaksanakan tugas lain.

"Hanya karena perkembangan politik saya memang harus fokus ke tugas lain sehingga saya mohon berhenti. Itu saja isinya. Tidak ada hal yang lain," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement