Sabtu 03 Feb 2024 08:48 WIB

Anies: Saat Masuk Ruang Debat Ada Gagasan yang Dibahas, Bukan Hapalan

Anies Baswedan sebut saat debat ada gagasan yang dibahas bukan sekadar hapalan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Capres Anies Baswedan. Anies Baswedan sebut saat debat ada gagasan yang dibahas bukan sekadar hapalan.
Foto: AP Photo/Binsar Sakkara
Capres Anies Baswedan. Anies Baswedan sebut saat debat ada gagasan yang dibahas bukan sekadar hapalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mempersiapkan diri untuk menghadapi debat terakhir yang bakal berlangsung pada Ahad (4/2/2024). Anies mengaku memilih beristirahat menjelang debat pamungkas tersebut.

"Persiapan debat, baik-baik saja. Mau istirahat cukup besok," kata Anies kepada wartawan, Jumat (2/2/2024) petang. 

Baca Juga

Anies mengatakan juga menyiapkan materi debat dengan memperlajari berbagai tema yang diangkat. Adapun tema yang dibahas dalam debat terakhir itu adalah tentang kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. Ia menyebut semua tema itu penting untuk dipelajari. 

"Tidak ada yang khusus, semua isu sama pentingnya dan pasti semuanya akan muncul menjadi pertanyaan, jadi kita bersiap untuk menjelaskan," tuturnya. 

Anies mengaku tidak menyiapkan skenario apa-apa untuk debat nantinya. Ia menyebut akan mengalirkan gagasannya dalam setiap momentum menjawab pertanyaan berkaitan dengan isu beragam. Ia meyakini dengan kepercayaan diri dan pengalaman yang dimiliki, ia bisa menjalani debat dengan baik. 

"Ketika masuk ke ruang debat itu ada pengalaman, ada gagasan, ada yang pernah dibicarakan, itu kan stok yang ada di masing-masing kita. Jadi setiap kali muncul pertanyaan, muncul aspek, ya diambil dari apa yang sudah kita miliki, karena itu enggak bisa dihafalkan karena memang bukan hapalan gitu," tuturnya. 

Berdasarkan catatan Timnas Pemenangan AMIN, Anies pada Sabtu (3/2/2024) beragenda private. Sementara itu, cawapresnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melakukan kegiatan kampanye akbar di Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement