Senin 12 Feb 2024 22:57 WIB

Polres Metro Tangerang Kota Siagakan Personel di 22 TPS Indikator Rawan

Polres Metro Kota Tangerang kerahkan 16.223 personel gabungan amankan Pemilu 2024.

Polisi berbaris saat simulasi apel personel dan peralatan pengamanan Pemilu 2024.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Polisi berbaris saat simulasi apel personel dan peralatan pengamanan Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 22 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masuk dalam wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota ada dalam indikator rawan dan petugas diimbau untuk siap siaga melakukan pengamanan. "Dari 6.940 TPS tersebar di 18 Kecamatan di Wilayah Hukum Polres Metro Tangerang Kota, ada 22 TPS yang masuk dalam indikator rawan, 6.903 TPS kurang rawan dan 15 TPS khusus," kata Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Zain Dwi Nugroho setelah apel pergeseran pasukan pengamanan TPS di lapangan Gedung Presisi Polres Metro Tangerang Kota, Senin (12/2/2024).

Kombes Zain mengimbau kepada jajarannya untuk selalu siap siaga mengamankan dan mengawal proses pemungutan hingga perhitungan suara agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai. Ia juga meminta kepada petugas melakukan koordinasi dan komunikasi bersama terkait pengamanan khususnya penyelenggara Pemilu KPU, PPK, PPS, KPPS maupun pengawas Pemilu.

Baca Juga

"Jaga fisik dan kesehatan dimanapun saudara ditugaskan di TPS. Selalu berdoa agar mendapat kelancaran dan kemudahan menjalankan tugas guna menjaga kondusifitas, kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia," kata dia.

Terkait pergeseran pasukan, Kombes Zain mengatakan, kegiatan ini adalah langkah pengecekan akhir kesiapan petugas gabungan terdiri dari Polisi, TNI, Linmas dan Satpol PP dalam menghadapi pengamanan TPS. Sebanyak 16.223 petugas pengamanan TPS dikerahkan yang terdiri dari 1.212 Polisi, 13.880 petugas ketertiban (Gastib) Linmas, 978 TNI dan selebihnya dari instansi pemerintah kota/kabupaten Tangerang.

"Seluruh petugas gabungan yang terlibat ini bertugas mengamankan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dari segala potensi kerawanan," ujarnya.

Pj Walikota Tangerang Nurdin mengatakan, secara keseluruhan, Pemkot Tangerang telah siap menyambut pelaksanaan Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Kita sudah siaga semuanya, Termasuk petugas kesehatan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Seluruh Camat dan Lurah diperintahkan selalu siap siaga, bergerak cepat dalam menjaga dan memberikan dukungan bilamana dibutuhkan, termasuk BPBD siaga untuk mengantisipasi bencana," kata dia.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement