Senin 12 Feb 2024 23:11 WIB

Polda Babel Kerahkan 2.885 Personel Pengamanan Pemilu 2024

Personel pengamanan Pemilu 2024 sudah mulai ditempatkan di TPS.

Polisi menyiapkan senjata yang dipamerkan saat simulasi apel personel dan peralatan pengamanan Pemilu 2024.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Polisi menyiapkan senjata yang dipamerkan saat simulasi apel personel dan peralatan pengamanan Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKAL PINANG -- Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung bersama Polres jajaran mengerahkan sebanyak 2.855 orang personel untuk melakukan pengamanan pemungutan suara Pemilu 2024. Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing di Pangkalpinang, Senin (12/2/2024), mengatakan mulai Senin ini para personel tersebut sudah mulai ditugaskan untuk menempati pos tempat pemungutan suara masing-masing.

"Hari ini kita secara serentak melakukan pergeseran personel menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan pos lainnya sesuai tugas masing-masing," kata Kapolda Tornagogo.

Baca Juga

Sebanyak 2.855 personel, baik di jajaran Polda maupun Polres ini nanti akan dibantu TNI untuk bersama-sama menyukseskan pemungutan suara 14 Februari 2024. Pihaknya sudah mengidentifikasi beberapa TPS dengan tipologi TPS rawan, sangat rawan dan TPS yang bisa diamankan, selain itu juga terdapat beberapa TPS di kepulauan yang mendapatkan perhatian lebih untuk pengamanan.

Ada juga TPS di beberapa pulau yang agak jauh sehingga perlu melakukan pergeseran lebih awal karena harus menyesuaikan dengan ramalan cuaca seperti yang diprakirakan BMKG. Kepolisian akan menggencarkan patroli untuk mengetahui dan memantau agar mendapatkan informasi terkini sekecil apapun, baik itu aspek teror dan aspek lainnya yang akan menghambat atau menjadi kendala pemungutan suara.

Ia mengimbau masyarakat memberikan hak suara pada pemungutan suara dan diharapkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 yang mencapai hampir 80 persen bisa dilewati pada tahun ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Babel Husin menyambut baik dukungan seluruh aparat negara di Babel ini dalam menyukseskan pesta demokrasi tahun ini, sehingga pihaknya semakin bersemangat dan kuat serta siap melaksanakan suksesnya.

"Indikator sampai hari ini kami sedang mendistribusikan logistik ke semua 4.116 TPS di Babel. Distribusi logistik prioritas kami dikirim ke 70 TPS di pulau terdekat dan jauh, sementara di daratan besok semuanya bisa didistribusikan semoga berjalan dengan baik," kata Husin.

Ia mengatakan, pada 13 Februari 2024 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di seluruh Babel secara serentak ditargetkan mampu menyelesaikan pembentukan TPS agar pemilu 14 Februari 2024 tidak ada kendala apapun.

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement