Rabu 14 Feb 2024 10:48 WIB

Siapa yang Dicoblos JK pada Pilpres Kali Ini?

JK menyatakan menggunakan nuraninya pada pilpres kali ini.

Rep: Fauzian Mursid/ Red: Fitriyan Zamzami
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla bersama Ibu Mufida usai memberikan hak pilihnyanya pada Pemilu 2024 di TPS 03, RW 02, Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla bersama Ibu Mufida usai memberikan hak pilihnyanya pada Pemilu 2024 di TPS 03, RW 02, Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024). JK didampingi sang istri Ibu Mufida Jusuf Kalla hadir sekitar pukul 09.40 di TPS 03 yang berada di halaman SMA Pangudi Luhur, RW 02, Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Usai mendaftar dan memverifikasi data, JK pun langsung menuju bilik suara untuk memberikan hak pilihnya untuk Pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota) 2024. Sesekali kepada pewarta, JK menunjukkan kertas suaranya sebelum melakukan pencoblosan.Usai selesai melakukan pencoblosan, JK kemudian mencelupkan jari kelingkingnya ke tinta sebagai tanda telah berpartisipasi dalam Pemilu.

Baca Juga

Kepada wartawan usai mencoblos, JK pun bersyukur bisa menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. "Alhamdulillah hati nurani sudah digunakan," ujar JK kepada wartawan, Rabu (14/2/2023).

JK berharap Pemilu 2024 ini berjalan lancar dan proses pemungutan di seluruh Indonesia berlangsung jujur, adil dan transparan. "Harapan cuma satu, Pemilu bersih untuk seluruh Indonesia. Kalau disini pasti bersih di Jakarta ini ada banyak. tetapi di daerah (diharapkan) juga bersih bukan hanya Jakarta," ujar JK.

Saat ditanya terkait dukungannya kepada pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam Pemilu 2024, JK menyampaikannya dengan menunjukkan jari telunjuknya. "Support? lah ini!" ujar JK sambil menunjukkan jari telunjuknya kepada wartawan.

Mantan Ketua umum Partai Golkar tersebut diketahui mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Dukungan resmi JK kepada pasangan Amin tersebut disampaikan JK pada Desember 2023 lalu.

JK menyampaikan akan turut memantau perhitungan cepat Peilpres 2024. Namun demikian, ia mengaku tidak akan bergabung dalam tim pemenangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement