Rabu 14 Feb 2024 19:04 WIB

TPN Ganjar-Mahfud Mengaku akan Buka Komunikasi dengan Timnas AMIN

Ganjar menegaskan pihaknya sedang bekerja mengawal suara di seluruh Indonesia.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Calon Presiden nomor urut 03  Ganjar Pranowo (kiri) melambaikan tangan  kepada jurnalis di samping pasangannya, Mahfud MD (tengah), saat pertemuan mereka di Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo (kiri) melambaikan tangan kepada jurnalis di samping pasangannya, Mahfud MD (tengah), saat pertemuan mereka di Jakarta, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan bahwa pihaknya tetap menunggu hasil penghitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, ia mengakui bahwa pihaknya membuka pintu komunikasi dengan Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar.

"Kalau kepentingannya sama tentang mengawal demokrasi, akan ada pertemuan-pertemuan itu. Seperti yang berkali-kali disebut Mas Ganjar dan Pak Mahfud, Pemilu 2024 ini lebih besar dari sekadar memenangkan Mas Ganjar dengan Pak Mahfud, tapi memastikan konsolidasi demokrasi terjaga," ujar Andi di Posko Teuku Umar, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga

Kendati demikian, ia menyampaikan bahwa pihaknya terlebih dahulu menunggu hasil penghitungan suara dari KPU. Namun, hasil quick count atau hitung cepat juga menjadi pertimbangan TPN dalam melihat hasil kontestasi.

"Itu cuman satu instrumen yang kami pakai. Kami perhatikan hasil quick count, hasil exit poll pun kami perhatikan, tapi sekali lagi penetapan manual dari KPU itulah yang kami tunggu," ujar Andi.

Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menanggapi hasil hitung cepat atau quick count oleh sejumlah lembaga survei. Diketahui dalam quick count hingga pukul 17.00 WIB, perolehan suaranya bersama Mahfud MD berada dalam posisi buncit.

"Kamu percaya nggak suara saya segitu?" ujar Ganjar yang kemudian meninggalkan kerumunan wartawan di Posko Teuku Umar.

Sebelum meninggalkan wartawan, ia mengatakan bahwa TPN sedang bekerja dalam mengawal suara di seluruh wilayah Indonesia. Mereka terus berkoordinasi dengan para saksi dan relawan yang mengawal tempat pemungutan suara (TPS).

Ia menegaskan, di internal TPN Ganjar-Mahfud terus optimistis dalam penghitungan suara yang nanti dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehingga, ia meminta semua pihak untuk menunggu proses penghitungan resminya.

"Dari hasil-hasil yang ada dan sekarang lagi diakumulasikan nantinya di partai, lebih khusus yang di PDI Perjuangan. Maka kita tunggu saja, nanti yang sifatnya teknis, kawan-kawan TPN yang sedang menyiapkan," ujar Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement