Rabu 21 Feb 2024 15:22 WIB

Suara Petinggi PSI Grace Natalie Tertinggi, Tapi Terancam tak Lolos ke Parlemen

Grace unggul atas Erwin Aksa dan Sahroni.

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie (kiri) dan Kaesang Pangarep
Foto: Republika/ Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie (kiri) dan Kaesang Pangarep

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, meraih suara tertinggi dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta III berdasarkan real count sementara. Kendati begitu, Grace berpotensi tidak mendapatkan kursi DPR karena raihan suara PSI secara nasional belum mencapai ambang batas parlemen 4 persen.

Real count atau penghitungan suara sementara itu dilakukan KPU. Per Rabu (21/2/2024) pukul 14.00 WIB, KPU telah menggunakan data raihan suara dari 47,92 persen TPS di Dapil Jakarta III. Data masuk berasal dari 5.803 TPS dari total 12.110 TPS.

Baca Juga

Berdasarkan real count sementara itu, Grace tercatat meraih 39.217 suara. Peraih suara terbanyak kedua adalah caleg Partai Golkar Erwin Aksa dengan torehan 36.436 suara. Posisi ketiga ditempati oleh caleg Partai Nasdem Ahmad Sahroni yang mengumpulkan 29.438 suara.

Di dapil Jakarta III terdapat delapan kursi anggota DPR yang diperebutkan. Dari tiga caleg peraih suara terbanyak sementara itu, kemungkinan hanya Erwin dan Sahroni yang akan menjadi anggota DPR RI periode 2029-2024. Pasalnya, raihan suara Golkar dan Nasdem secara nasional sudah melampaui ambang batas parlemen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement