Rabu 28 Feb 2024 07:51 WIB

Timses Caleg Ikuti Tes Kejiwaan Massal, 4 Orang Dirujuk

Gangguan kejiwaan ringan pasien dapat sembuh sempurna.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus raharjo
Depresi (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Depresi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 12 orang tim sukses (timses) calon anggota legislatif (caleg) di wilayah DKI Jakarta mengikuti pemeriksaan kejiwaan dan tingkat stres massal gratis di RSUD Tamansari, Jakarta Barat, pada Selasa (20/2/2024). Dari pemeriksaan itu, terdapat empat orang yang harus dirujuk.

Kepala Seksi Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Tamansari Ngabila Salama mengatakan, empat orang timses caleg itu dirujuk untuk melanjutkan konsultasi ke ahli dengan lebih intensif. Konsultasi itu dilakukan secara gratis atau berbayar, yang bisa dilakukan secara online maupun offline.

Baca Juga

"Empat orang timses caleg tersebut menjalani konsultasi langsung dengan psikiater RSUD Tamansari untuk mendapat psikoterapi supportif atau konseling," kata Ngabila, Selasa (27/2/2024).

Ia mengatakan, apabila diperlukan, psikiater akan memberikan obat sesuai indikasi. Namun, menurut dia, mayoritas pasien mengalami akut dan gangguan ringan. Karena itu, obat yang akan adalah obat dengan dosis rendah dalam jangka waktu singkat 7-14 hari. Setelah itu, pasien diminta kontrol atau evaluasi kembali pengobatan.

Ngabila menilai, pada gangguan kejiwaan ringan ini maka pasien dapat sembuh sempurna. Setelah itu, pasien tidak memerlukan pengobatan kembali.

Ia menjelaskan, konsultasi online dapat diakses di aplikasi JAKI atau Jaksehat dengan mengisi formulir skrining e-jiwa. Konsultasi akan dilakukan melalui chat online gratis dengan psikolog klinis yang disediakan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui menu Sahabat Jiwa.

Sementara untuk konsultasi online berbayar dapat dilakukan menggunakan Zoom per 10-15 menit dengan psikiater RSUD Tamansari. Caranya adalah dengan mendaftar di 085892481576 dan transfer biaya konsultasi sebesar Rp 60 ribu.

"Layanan ini tidak memberikan obat-obatan (hanya konseling). Jika membutuhkan konsultasi langsung atau resep obat, kami akan anjurkan datang ke RSUD Tamansari," ujar Ngabila.

Ia menambahkan, untuk layanan konsultasi offline gratis, RSUD Tamansari telah memberikan informasi kepada pasien untuk datang ke 25 puskesmas kecamatan di DKI Jakarta yang sudah memiliki psikolog klinis. Pasien juga bisa jadi akan mendapatkan rujukan BPJS dari puskesmas untuk berobat ke RS yang memiliki psikiater.

"Untuk layanan berbayar bisa dilakukan di RSUD Tamansari pendaftaran dan konsultasi langsung dengan psikiater kami hanya Rp 60 ribu per kunjungan dan belum termasuk biaya obat yang diresepkan," kata dia.

Adapun jadwal praktik psikiater di RSUD Tamansari adalah Senin pada 13.00-16.00 WIB, Selasa pukul 12.00-21.00 WIB, Rabu pukul 17.00-21.00 WIB, Kamis pukul 17.00-21.00 WIB, Jumat pukul 12.00-21.00 WIB, dan Sabtu pukul 12.00-13.00 WIB.

Selain itu, Ngabila menambahkan, RSUD Tamansari juga memiliki layanan tes kesehatan rohani secara online. Untuk pengerjaan soal MMPI dilanjutkan refleksi diri dan wawancara dengan psikiater melalui Zoom untuk kebutuhan MCU atau deteksi dini gangguan jiwa.

"Harga tes sekitar Rp 210-300 ribu per orang, sudah termasuk biaya konsultasi psikiater pada Senin-Sabtu pukul 09.00-21.00," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement