Rabu 20 Mar 2024 04:17 WIB

7 Fakta Pemilu 2024, dari Kesuksesan Komeng Hingga Kegagalan Keluarga Hary Tanoe

Ada 7 fakta di Pemilu 2024 dari Komeng juara hingga kegagalan keluarga Hary Tanoe.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Komedian Alfiansyah alias Komeng. Ada 7 fakta di Pemilu 2024 dari Komeng juara hingga kegagalan keluarga Hary Tanoe.
Foto:

photo
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (Republika/Prayogi)

2. Tanoesoedibjo Sekeluarga Caleg Gagal

Nyaris semua anggota keluarga taipan Hary Tanoesoedibjo maju menjadi calon legislatif dari Partai Perindo. Hary Tanoe sendiri maju Dapil Banten III. Lalu sang istri, Liliana Tanaja Tanoesoedibjo maju di Dapil DKI Jakarta II.

Selanjutnya Angela Herliani Tanoesoedibjo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Parekraf maju di Dapil Jawa Timur I. Selanjutnya adalah Valencia Herliani Tanoesoedibjo di Dapil DKI Jakarta III. Kemudian Jessica Herliani Tanoesoedibjo di  Dapil Nusa Tenggara Timur II. Berikutnya Clarissa Herliani Tanoesoedibjo di  Dapil Jawa Barat I. Satu lagi adalah Warren Haryputra Tanoesoedibjo di Dapil Jawa Tengah I.

Tanpa melihat perolehan suara masing-masing anggota keluarga Tanoesoedibjo, mereka sekeluarga dipastikan menjadi caleg gagal karena perolehan suara Perindo tidak mencukup syarat ambang batas masuk parlemen yakni 4 persen.

3. Ganjar Kalah di Jateng, Anies Kalah di DKI

Dua dari tiga calon presiden dan calon wakil presiden yang ikut kontestasi Pilpres adalah mantan Gubernur. Yakni Ganjar Pranowo mantan Gubernur Jateng dua periode dan Anies Baswedan mantan Gubernur DKI Jakarta.

Semula, ada harapan dari pendukung keduanya dapat meraih suara signifikan di daerah yang pernah mereka pimpin. Tapi kenyataannya di DKI Jakarta dan Jateng, dimenangkan Prabowo Subianto. di Jateng, Ganjar hanya mendapatkan 7.827.335 suara. Sedangkan Prabowo mendapatkan 12.086.454 suara.

Kemudian di DKI, Prabowo mendapatkan 2.692.011 suara. Unggul tipis dari Anies yang mendapatkan 2.653.762 suara.

Aceh dan Sumbar konsisten...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement