Rabu 20 Mar 2024 04:17 WIB

7 Fakta Pemilu 2024, dari Kesuksesan Komeng Hingga Kegagalan Keluarga Hary Tanoe

Ada 7 fakta di Pemilu 2024 dari Komeng juara hingga kegagalan keluarga Hary Tanoe.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Komedian Alfiansyah alias Komeng. Ada 7 fakta di Pemilu 2024 dari Komeng juara hingga kegagalan keluarga Hary Tanoe.
Foto:

4. Aceh dan Sumbar Konsisten di pihak yang kalah

Sejauh ini dua provinsi yang tidak dimenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka adalah Aceh dan Sumatra Barat. Di dua provinsi tersebut, pasangan capres cawapres yang menang adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Dengan begitu, Aceh dan Sumbar melanjutkan tren selalu berada di pihak yang kalah sejak Pemilu 2014 lalu.

Pada Pilpres 2014, di Aceh dan Sumbar yang menang adalah pasangan Prabowo-Hatta Rajasa. Secara nasional yang menang adalah Joko Widodo-Jusuf Kalla. Begitu juga di Pilpres 2019, yang menag di Aceh dan Sumbar adalah Prabowo-Sandiaga Uno. Sementara yang menang secara nasional adalah Jokowi-Ma'ruf Amin.

 

photo
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (Istimewa)

5. Dipimpin Anak Presiden, PSI Tetap Kalah

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) konsisten menjadi perbincangan selama lima tahun terakhir. Walau berstatus partai non-parlemen, PSI selalu berhasil menjadi trending topic. Mulai dari selalu sentimen terhadap Anies Baswedan selama menjadi Gubernur DKI Jakarta, ada kader viral karena makan tiga bayar dua di rest area sampai partai itu menunjuk putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep jadi Ketua Umum walau baru dua hari jadi anggota.

Walau rekapitulasi di KPU belum sepenuhnya rampung, namun dari Sirekap dan quick count, suara PSI tidak sampai 4 persen atau ambang batas lolos ke parlemen. Padahal ada beberapa pentolan PSI mendapatkan suara cukup tinggi di Pileg seperti Grace Natalie, Ade Armando, Giring dan Faldo Maldini

Suara untuk Caleg Almarhum...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement