Rabu 20 Mar 2024 04:17 WIB

7 Fakta Pemilu 2024, dari Kesuksesan Komeng Hingga Kegagalan Keluarga Hary Tanoe

Ada 7 fakta di Pemilu 2024 dari Komeng juara hingga kegagalan keluarga Hary Tanoe.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Komedian Alfiansyah alias Komeng. Ada 7 fakta di Pemilu 2024 dari Komeng juara hingga kegagalan keluarga Hary Tanoe.
Foto:

6. Caleg Almarhum Tetap Dapat Ribuan Suara

Mantan bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, terpantau tetap mendapatkan suara pada Pileg 2024 ini. Berdasarkan perhitungan di KPU Sumbar Ali Mukhni mendapatkan 1.434 suara untuk Pileg DPR RI untuk daerah pemilihan Sumatra Barat 2.

Padahal Ali diketahui sudah meninggal dunia pada Sabtu (28/10/2023) lalu. Ali Mukhni masih tercatat sebagai calon legislatif dari Partai Nasional Demokrat dengan nomor urut enam.

Dapil 2 Sumatra Barat meliputi Kabupaten Agam, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kota Bukittinggi, Kota Pariaman, dan Kota Payakumbuh.

 

photo
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo (Republika/Thoudy Badai)

7. Satu Menteri dan Tiga Wamen Gagal ke Senayan

Satu orang Menteri dan tiga wakil menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo dipastikan gagal lolos menjadi Anggota DPR RI. Menteri yang gagal adalah Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga yang maju dari Partai Golkar untuk daerah pemilihan DKI Jakarta I.

Dito hanya mendapatkan 55.560 suara. Dengan suara sebanyak itu, Dito berada di urutan 10 dari semua caleg yang maju di Jakarta 1. Sedangkan jatah kursi di Jakarta 1 hanya 6.

Kemudian tiga orang wakil menteri yang juga berpotensi gagal jadi Anggota DPR RI adalah Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Herliani Tanoesoedibjo, dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Afriansyah yang maju di Dapil Jawa Barat V dipastikan gagal karena selain suaranya yang rendah, partainya, Partai Bulan Bintang juga gagal memenuhi ambang batas parlemen. Hal yang sama dialami Angela yang maju di Dapil Jatim I di mana Perindo juga gagal memenuhi ambang batas parlemen.

Sementara Jerry Sambuaga yang maju di dapil Sulawesi Utara dari Partai Golkar sebenarnya mendapatkan suara cukup tinggi yakni 82.405. Tapi perolehan suara Jerry kalah oleh Ketua DPD Golkar Sulut,  Christiany Eugenia Paruntu yang mendapatkan 88.520 suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement