Selasa 28 Nov 2023 18:14 WIB

Kampanye Perdana, Anies Naik KRL dari Bogor ke Jakarta

Dari Stasiun Bogor, Anies turun di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Capres Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan saat menaiki KRL Commuter Line dari Bogor ke Jakarta, Selasa (28/11/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan saat menaiki KRL Commuter Line dari Bogor ke Jakarta, Selasa (28/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Koalisi Perubahan, Anies Rasyid naik KRL Commuter Line dari Bogor ke Jakarta pada hari perdana kampanye, Selasa (28/11/2023). Para anak kereta (anker) di stasiun dan dalam kereta heboh dan ramai menyapa capres nomor urut 1 tersebut.

Pengamatan Republika.co.id, Anies menaiki KRL sekitar pukul 17.00 WIB dari Stasiun Bogor. Dia baru saja melakukan kegiatan kampanye di wilayah Bogor, Jawa Barat, yakni di GOR Laga Tangkas-Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga

Sebelum tiba di Stasiun Bogor, ia terlebih dahulu menyapa warga di Jembatan Merah dekat Stasiun Bogor. Anies juga sempat makan soto di dekat kawasan itu. Seusai makan soto, Anies berjalan menuju ke Stasiun Bogor. Di sepanjang jalan, warga mengerubunginya hingga memasuki area dalam stasiun.

 

Anies didampingi oleh diantaranya Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Amin Muhammad Syaugi Alaydrus serta jajaran timnas lainnya saat naik KRL. Sebelum memasuki rangkaian kereta dengan tujuan Jakarta Kota, Anies menunaikan sholat dulu di mushola Stasiun Bogor.

 

Anies terus-terusan disapa oleh warga hingga kemudian masuk ke dalam rangkaian kereta. Dia turut menyapa dan berbincang-bincang ringan dengan para anker dari berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga lanjut usia (lansia).

Anies tampak santai menaiki transportasi umum favorit warga Jabodetabek tersebut.  "Dari Bogor ya saya naik KRL ini," kata Anies kepada wartawan di dalam rangkaian KRL.

 

Anies menyampaikan sedikit tentang pandangannya terhadap transportasi publik. Dia mengatakan perlunya pengembangan terhadap transportasi umum di Indonesia.

 

"Saya melihat ke masa depan tantangan kita itu semakin besar dan salah satu solusi yang paling cepat adalah dengan memperbanyak fasilitas kendaraan umum supaya warga berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum," kata Anies.

 

Di dalam KRL, Anies duduk bersama dengan para anker atau penumpang lainnya. Para anker pun bergulir meminta berfoto bersamanya. Tujuan perjalanan KRL Anies adalah Stasiun Tanjung Barat.

 

Dia akan melanjutkan kegiatan kampanye hari ini dengan menghadiri diskusi agenda transisi energi 'Urgensi dan Strategi Transisi Energi Indonesia dalam Kepemimpinan Lima Tahun ke Depan' ICEF di Graha Bimasena, Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement