Selasa 28 Nov 2023 18:32 WIB

Kampanye Hari Pertama, Anies Baswedan Cicipi Doclang di Kota Bogor

Saat naik JPO Paledang, Anies disambut sorak-sorai dari para pendukungnya di bawah.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Calon presiden Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan makan doclang saat kampanye perdana di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11/2023).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Calon presiden Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan makan doclang saat kampanye perdana di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Calon presiden (capres) Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, melakukan kampanye perdana di Kota Bogor, Selasa (28/11/2023). Titik pertama yang didatangi Anies adalah kawasan Jembatan Merah, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Di lokasi, ia mencicipi makanan khas Bogor, doclang.

Dari pantauan Republika.co.id, Anies tiba di lokasi sekitar pukul 15.30 WIB. Anies berangkat dari Laga Tangkas GOR Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor setelah sebelumnya juga melakukan kampanye di sana. Anies datang bersama Kapten Timnas Pemenangan Amin, Muhammad Syaugi, dan disambut meriah para pendukungnya.

Baca Juga

Mereka mengelu-elukan nama Anies sambil berteriak ‘Anies presiden! Anies presiden!’ Turun dari mobil, Anies masuk ke dalam kedai doclang bernama Doclang Bu Ade. Pada saat yang sama, ia disambut oleh Ketua DPD PKS Kota Bogor, Atang Trisnanto dan perwakilan partai politik lain pengusung Anies.

Di kedai tersebut, Anies mencicipi makanan khas Bogor seperti doclang dan soto kuning bogor. Dia mengaku baru pertama kali mencicipi doclang, yang berisi ketupat dan tahu diguyur kuah kacang.

 

Setelah menyelesaikan makanannya, Anies dan rombongan berjalan kaki sekitar 650 meter dari kedai doclang menuju Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Paledang. Eks gubernur DKI tersebut menyeberang ke atas JPO tua itu, dan disambut sorak-sorai dari para pendukungnya di bawah.

 

Dari JPO tersebut, Anies menyapa para pedagang di sisi jalan menuju Stasiun Bogor di Jalan Nyi Raja Permas, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Lalu ia masuk ke Stasiun Bogor untuk menaiki kereta rel listrik (KRL) Commuter Line, dan bertolak ke Jakarta.

"Jadi, saya bersyukur sekali hari ini bisa sampai ke Kota Bogor. Tadi ke Kabupaten Bogor, ketemu warga di sana. Ramai di GOR Pakansari," kata Anies kepada awak media di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11/2023).

 

Dia pun turut berkomentar mengenai doclang dan soto kuning bogor yang dicicipinya. Menurut dia, doclang dan soto bogor tersebut layak untuk diberi bintang lima.

"Sesudah itu kami datang ke sini, nyicipin makanan khas Bogor. Satu soto bogor, satu doclang. Katanya sudah diperdakan, ya? Dan ketemu dengan masyarakat di sini," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement