Senin 04 Dec 2023 15:13 WIB

TKN: Gibran Siap Debat dengan Cak Imin dan Mahfud Pakai Bahasa Inggris

Selain siap debat berbahasa Inggris, kata Nusron, Gibran juga siap debat tanpa teks.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka ketika menerima deklarasi dukungan dari organisasi relawan Sedulur Jokowi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Ahad (3/12/2023).
Foto:

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa pasangan capres-cawapres hadir bersamaan dalam lima kali ajang adu gagasan itu. Lantaran pasangan capres-cawapres selalu hadir, perbedaan setiap debat hanya porsi bicaranya. 

Dalam debat cawapres, porsi berbicara terbanyak adalah cawapres. Begitu pula sebaliknya. Format ini jelas berbeda dengan debat Pilpres 2019 karena ada satu kali debat yang khusus dihadiri oleh cawapres saja

Pengubahan format debat itu, kata Hasyim, diputuskan dalam rapat antara KPU dan perwakilan tim pemenangan tiga pasangan calon pada Rabu (29/12/2033). Setelah itu, muncul tudingan bahwa usulan perubahan datang dari paslon 02. TKN membantah dan menyebut usulan datang dari kubu 01. Belakangan, kubu 01 Tim Nasional Anies-Imim (Timnas Amin) mengakuinya.

"Timnas AMIN menyampaikan ide awal dalam diskusi FGD tersebut bahwa sebaiknya dalam setiap agenda debat, pasangan Calon Capres-Cawapres untuk selalu dihadirkan dalam seluruh rangkaian debat. Namun bukan menghilangkan debat Cawapres," kata Nihayatul Wafiroh, Co-Captain Timnas AMIN dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Sebagai perbandingan, lima putaran debat Pilpres 2019 digelar dengan format berbeda. Ajang adu gagasan itu digelar dengan komposisi dua kali debat dihadiri pasangan capres-cawapres, dua kali debat hanya dihadiri capres, dan satu kali debat khusus dihadiri cawapres.

photo
Jadwa dan Tema Debat Pilpres 2024 - (Infografis Republika)

  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement