Kamis 11 Jan 2024 13:09 WIB

Kunjungi Ponpes Tertua di Madura, Mahfud MD: Ini tidak Ada Urusan Politik

Mahfud dan sang ayah dulu sering datang ke Ponpes Al Hamidy di Banyuanyar, Pamekasan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erik Purnama Putra
Cawapres nomor urut 3, Prof Mahfud MD.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Cawapres nomor urut 3, Prof Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersilaturahim ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hamidy di Desa Banyuanyar, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, pada Kamis (11/1/2024).

Ternyata, Mahfud memiliki kenangan tersendiri di Ponpes Banyuanyar. Sebab, Mahfud dan ang ayah, Mahmodin, sering datang ke ponpes tersebut. "Dulu waktu saya kecil sering ke sini bersama ayah saya," kata Mahfud kepada wartawan seusai kunjungan itu.

Baca Juga

Mahfud menerangkan, Al Hamidy Banyuanyar tidak cuma ponpes terbesar di Pulau Madura, melainkan juga yang tertua. Ponpes tersebut sudah berdiri sejak 1787.

Mahfud menyampaikan, kedatangannya kali ini dilakukannya dalam rangka silaturahim dan mengenang masa lalu. Sehingga, kunjungan Mahfud memang tidak terkait politik. "Jadi, ini silaturahim biasa, tidak ada urusan dengan politik, silaturahim itu lebih penting," ujarnya.

Kedatangan cawapres nomor urut 3 tersebut disambut Pengasuh Ponpes Banyuanyar, KH Muhammad Rofi'i Baidowi. Mahfud didampingi putri Gus Dur, yaitu Yenny Wahid. "Ya saya dulu sering ke sini, sekarang silaturahmi, bukan hanya sekarang, saya juga sudah sering ke sini," kata Mahfud.

Ponpes Al Hamidy merupakan lokasi kedua dalam kunjungan Mahfud MD di Jawa Timur. Mahfud bersilaturahim pula ke Ponpes Darul Ulum II Al Wahidiyah di Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Jawa Timur pada hari yang sama.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement