Sabtu 10 Feb 2024 11:22 WIB

Banyak Massa Pendukung Amin Mulai Tinggalkan JIS, Ini Alasannya

Warga di luar lebih memilih menyaksikan livestreaming ketika Anies-Muhaimin berpidato

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Pendukung dan simpatisan paslon nomor 1 Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar tidak bisa masuk ke dalam stadion JIS, Sabtu (20/2/2024), karena sudah dipenuhi massa.
Foto: Republika/Eva Rianti
Pendukung dan simpatisan paslon nomor 1 Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar tidak bisa masuk ke dalam stadion JIS, Sabtu (20/2/2024), karena sudah dipenuhi massa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Massa pendukung pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin) mulai meninggalkan kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu (9/2/2024) siang WIB. Massa terlihat lebih dulu pulang karena merasa niatannya meramaikan Kumpul Akbar Amin sudah terealisasikan.

 

Baca Juga

"Sudah cukup ini Pak. Sudah hadir meramaikan kampanye akbar Pak Anies. Di dalam mah sudah ramai. Udah enggak bisa masuk," kata Rahmat, salah satu pendukung Anies dari Ciracas, Jakarta Timur saat ditemui Republika.co.id sedang meninggalkan JIS.

 

Rahmat mengaku sudah berangkat sejak Subuh dari rumahnya. Awalnya, ia menduga massa kampanye Amin tidak terlalu ramai. "Awalnya mikir massanya dari Jabodetabek doang. Eh banyak yang dari luar daerah juga yang udah sejak kemarin datang ke JIS," ucap Rahmat.

Dia hanya berjalan sampai pekarangan JIS tadi pagi. Setelah itu, ia hanya duduk di depan ruko yang letaknya sekitar satu kilometer dari JIS. Baginya melihat keramaian kampanye akbar pamungka sudah sangat menyenangkan untuk menjadi bagian dari perubahan.

 

Hal serupa juga diungkapkan Yani, warga asal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Yani sejak awal merasa akan sulit masuk ke dalam JIS karena sejak Jumat, ia mengikuti TikTok yang menampilkan massa sudah memadati JIS.

Tetatpi, ia tetap datang untuk merasakan suasana kampanye akbar Amin.

"Senang ramai-ramai seperti ini. Enggak bisa masuk juga enggak apa-apa, yang penting hadir dulu ke sini," ucap Yani.

 

Asep, warga Jonggol, Jakarta Barat, mengatakan dirinya justru memilih tidak merangsek ke dalam stadion karena ramainya massa yang hadir. Dia hanya hadir sampai ke kawasan permukiman sekitar JIS.

"Daripada ke dalam nanti kepisah-pisah sama kawan mending di sini aja," ujar Asep. Bagi Asep, hadir walau tidak sampai ke kawasan JIS sudah cukup untuk menjadi bagian dari ikhtiar mendukung Amin.

 

Saat ini pantauan Republika.co.id dari jarak satu kilometer dari stadion, terdengar suara pidato beberapa pentolan partai koalisi pendukung Amin lewat loudspeaker.

Saksikan livestreaming...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement