Selasa 13 Feb 2024 17:29 WIB

Sultan Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Sri Sultan akan menggunakan hak pilihnya sekitar pukul 07.00 WIB.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Agus raharjo
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan sapa aruh kepada lurah dan pamong di Monumen Jogja Kembali, Yogyakarta, Sabtu (28/10/2023). Saat Sapa Aruh yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Sri Sultan HB X berpesan kepada 7 ribu lurah dan pamong desa bahwa mari bersama berikhtiar Jogja Nyawiji Ing Pesta Demokrasi demi menjaga Indonesia pada Pemilu 2024 mendatang.  Sultan berpesan juga agar mewaspadai persaingan antarkontestan Pemilu yang dapat mempertajam polarisasi di masyarakat. Lurah dan pamong juga harus bersikap netral serta mengedepan kondusifitas untuk menjaga masyarakat yang berbeda pilihan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan sapa aruh kepada lurah dan pamong di Monumen Jogja Kembali, Yogyakarta, Sabtu (28/10/2023). Saat Sapa Aruh yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Sri Sultan HB X berpesan kepada 7 ribu lurah dan pamong desa bahwa mari bersama berikhtiar Jogja Nyawiji Ing Pesta Demokrasi demi menjaga Indonesia pada Pemilu 2024 mendatang. Sultan berpesan juga agar mewaspadai persaingan antarkontestan Pemilu yang dapat mempertajam polarisasi di masyarakat. Lurah dan pamong juga harus bersikap netral serta mengedepan kondusifitas untuk menjaga masyarakat yang berbeda pilihan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 yang digelar Rabu (14/2/2024) besok. Untuk itu, pada pemungutan suara besok diharapkan seluruh masyarakat khususnya di DIY agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Untuk seluruh warga masyarakat khususnya di DIY, saya ingatkan tanggal 14 Februari besok pagi untuk tetap bisa melaksanakan kewajibannya yaitu datang ke TPS. Untuk itu kami serahkan sepenuhnya pilihan yang bapak ibu lakukan pada waktu berada di TPS," kata Sultan saat menerima kunjungan dari KPU DIY maupun Kota Yogyakarta di Kraton Kilen, Yogyakarta, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga

Sultan menuturkan, pemilu merupakan peristiwa yang menentukan masa depan bangsa dan negara. Dengan begitu, suara yang digunakan masyarakat dalam Pemilu 2024 ini akan sangat menentukan bagaimana bangsa ini kedepannya.

Sultan juga mengimbau agar masyarakat memilih sesuai hati nuraninya. "Gunakan hak pilih saudara, jangan golput, tentukan pilihan sesuai dengan keyakinan saudara-saudara semua. Selamat dalam melaksanakan pemilu besok pagi, tentukan pilihan untuk lima tahun kedepan bagi bangsa dan negara RI. Selamat melaksanakan kewajiban," tegasnya.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryosamudro mengatakan, Sultan akan menggunakan hak pilihnya di TPS 12 Dalem Joyokusuman, Kraton, Kota Yogyakarta pada Rabu (14/2/2024). Sultan direncanakan akan menjadi pemilih pertama di TPS tersebut.

"Beliau akan menggunakan hak pilihnya dan sudah datang pukul 06.40 WIB untuk melihat bagaimana proses persiapan KPPS (di TPS) 12 melakukan persiapan," kata Harsya.

Sultan direncanakan akan menggunakan hak pilihnya sekitar pukul 07.00 WIB. Setidaknya, Sultan juga akan ditemani istri yakni GKR Hemas, beserta anggota keluarga lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement