Jumat 23 Feb 2024 14:51 WIB

Once Mekel Berpotensi Singkirkan Dua Caleg Pejawat PDIP

Peraih suara tertinggi di Dapil Jakarta II sejauh ini masih politikus PKS, HNW.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Penyanyi Once Mekel
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Penyanyi Once Mekel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raihan suara penyanyi Once Mekel dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta II unggul dibanding caleg-caleg lain yang diusung partainya, PDIP. Perolehan suara sementara Once bahkan melampaui dua caleg PDIP yang merupakan anggota DPR RI pejawat.

Berdasarkan penghitungan surat suara atau real count yang dilakukan KPU atas 57,11 persen TPS di Dapil Jakarta II, Once Mekel tercatat meraih 24.817 suara. Mantan vokalis band Dewa 19 itu mendapatkan suara tertinggi meski baru pertama kali nyaleg.

Baca Juga

Adapun anggota DPR pejawat dari PDIP, Eriko Sotarduga meraih 19.641 suara. Petahana lainnya dari PDIP, Masinton Pasaribu mendapatkan 19.309 suara.

Dengan total raihan suara PDIP di dapil tersebut sebesar 160.685, partai berlogo banteng moncong putih itu kemungkinan hanya akan mendapatkan satu kursi DPR. Artinya, Once Mekel lah yang berpotensi mendapatkan satu kursi itu, sedangkan Eriko dan Masinton terpaksa tersingkir dari Senayan.

Dapil Jakarta II meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri. Ada banyak elite politik hingga selebritas yang nyaleg di dapil tersebut, sehingga kerap disebut 'Dapil Neraka'. Alhasil, persaingan menjadi sengit dalam memperebutkan tujuh kursi anggota DPR tersedia.

Peraih suara tertinggi di Dapil Jakarta II sejauh ini adalah anggota DPR petahana dari PKS, Hidayat Nur Wahid dengan torehan 83.028 suara. Terbanyak kedua adalah caleg PAN, yakni artis Uya Kuya yang berhasil mendapatkan 42.296 suara. Posisi ketiga ditempati oleh caleg petahana dari Partai Gerindra, Himmatul Aliyah yang berhasil mendulang 34.740 suara.

Peraih suara tertinggi selanjutnya adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah yang diusung PKB (raihan suara 27.895), caleg Golkar Abraham Siradjaja (27.817 suara), caleg PSI Ade Armando (25.574 suara), Once Mekel, dan caleg PKS Kurniasih Mufidayati (22.129 suara).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement