Selasa 12 Mar 2024 18:45 WIB

Ini Empat Nama Calon Pengisi Kursi DPD RI Dapil Jateng

Taj Yasin menjadi nama dengan suara terbanyak calon anggota DPD dapil Jateng.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Mantan wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.
Foto: Dokumen
Mantan wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KPU telah menetapkan hasil penghitungan perolehan suara pemilihan anggota DPD RI 2024 untuk Provinsi atau Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah (Jateng). Ada empat nama pemenang kursi DPD dari provinsi tersebut yang mendapatkan suara terbanyak.  

Nama mantan wakil gubernur Jateng Taj Yasin menjadi peraih suara tertinggi di Dapil Jateng untuk kursi DPD RI. Dengan demikian, satu kursi DPD RI bakal dipastikan menjadi milik peraih 3.821.699 suara dari Provinsi Jateng ini. 

Baca Juga

Sebelum mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI, Taj Yasin yang juga putra dari Kiai kharismatik KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen ini menjadi wakil dari Ganjar Pranowo yang saat itu menjabat sebagai gubernur Jateng 2018-2023. 

Kursi anggota DPD kedua dari Jawa Tengah didapatkan oleh senator pejawat Casytha A Kathmandu yang mendulang 3.567.338 suara. Casytha merupakan putri dari Ketua Bappilu PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul yang juga memenangkan kursi dalam Pileg DPR RI di Dapil Jateng IV.

Kursi ketiga dimenangkan oleh Abdul Kholik karena berhasil mengumpulkan 2.160.469 suara. Abdul juga senator pejawat yang kini menduduki posisi wakil ketua Komite I DPD RI. 

Kelebihan petahana...

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement