Selasa 12 Mar 2024 18:45 WIB

Ini Empat Nama Calon Pengisi Kursi DPD RI Dapil Jateng

Taj Yasin menjadi nama dengan suara terbanyak calon anggota DPD dapil Jateng.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Mantan wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.
Foto:

Kursi keempat diamankan oleh Denty Eka Widi Pratiwi karena dicoblos oleh 1.929.267 pemilih di Jawa Tengah. Denty juga senator pejawat yang sudah menjabat selama tiga periode terakhir.

Raihan suara resmi pemilihan anggota DPD Provinsi Jawa Tengah itu ditetapkan dalam dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat nasional, di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2024) dini hari. Rapat dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan dihadiri oleh saksi peserta pemilu serta komisioner Bawaslu.

Pengamat politik lulusan Universitas Indonesia Pangi Syarwi Chaniago berpendapat caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI petahana lebih unggul mendapat kursi karena mampu meyakinkan warga di daerahnya bahwasanya akan menepati janjinya.

"Jadi, dengan banyaknya calon anggota legislatif (caleg) lama yang kemudian duduk DPD RI itu patut disyukuri bahwa mereka amanah  dan dipercaya rakyat," kata dia saat dihubungi di Jakarta.

Pangi yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting itu mengatakan para caleg petahana ini memiliki kelebihan dibandingkan pendatang baru, yakni telah bertemu rakyat secara langsung dan membuktikan kinerja mereka selama menjabat melalui pemilihan pada periode sebelumnya.

Petahana tak terpilih...

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement