Ahad 21 Jan 2024 16:11 WIB

Food Estate, Wadas, Hingga Reklamasi, Ini Isu yang Diprediksi Dibahas dalam Debat Cawapres

Isu lain yang akan diperbincangkan adalah ketahanan pangan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Suasana debat calon wakil presiden beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Suasana debat calon wakil presiden beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Algoritma Research and Consulting yang juga Dosen Ilmu Politik FISIP UI, Aditya Perdana mengatakan, Food Estate dan persoalan Wadas akan mewarnai debat cawapres yang akan diselenggarakan nanti malam, Ahad (21/1/2024) di Jakarta Convention Center.

Aditya menyebut, cawapres Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD akan menjadikan debat nanti untuk menanyakan perspektif Gibran Rakabuming Raka terhadap proyek Food Estate yang dilaksanakan pasangannya yakni Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan.

Baca Juga

“Isu Food Estate yang dijalankan oleh Prabowo sebagai menhan tentu ini akan ditanyakan kepada Gibran. Dalam perspektif oposisi, Gus Imin dan Prof Mahfud akan memanfaatkan kesempatan ini untuk men-challenge Gibran terkait keberlanjutan dari Food Estate,” kata Aditya.

Aditya menyebut Mahfud MD juga akan disibukkan untuk meluruskan persoalan warga di Wadas Jawa Tengah. Di mana kasus ini dianggap merugikan masyarakat Jawa Tengah di masa kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo.

“Isu yang menyangkut Wadas juga akan menjadi perbincangan untuk ditujukan kepada Ganjar. Sama halnya dengan isu Reklamasi yang ditujukan kepada Anies. Tiga isu yang memang dilakukan oleh para capres pada masa lalu tentu tidak akan sepenuhnya dapat dijelaskan oleh para cawapresnya, namun tetap akan menjadi isu isu menarik dalam debat kali ini,” ucap Aditya.

Ia menambahkan, isu lain yang akan diperbincangkan adalah ketahanan pangan, komitmen kebijakan yang pro terhadap HAM dalam kaitannya dengan pembangunan yang berdampak lingkungan seperti IKN, isu pengembangan desa, hilirisasi proyek-proyek pertambangan, dan lainnya. 

“Secara substantif, tentu ketiga cawapres tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dalam terkait isu-isu menyangkut lingkungan hidup berkelanjutan dan hal yang berkaitan dengan pengembangan isu-isu hijau dalam pembangunan. Sehingga debat kali ini akan menarik untuk melihat lebih jauh artikulasi pengetahuan dan rencana-rencana pembangunan yang disampaikan ketiga cawapres di mana hal tersebut berasal dari tim paslon,” kata Aditya. 

Untuk diketahui, debat keempat Pilpres 2024 yang mempertemukan para cawapres akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Ahad (21/1/2024) pukul 19.00 WIB. Adapun tema debat besok mengangkat tema Energi, Sumber Daya Alam (SDA), Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat. Moderator debat keempat ini adalah Retno Pinasti dari SCTV dan Silvia Iskandar dari Metro TV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement