Senin 22 Jan 2024 13:35 WIB

Pakar Mikro Ekspresi: Kekesalan Mahfud MD Memuncak Saat Debat

Mahfud dinilai kesal saat Gibran ungkit kata-kata greenflation.

Rep: Antara/Nawir/ Red: Teguh Firmansyah
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024).
Foto:

Namun, hal serupa tak terjadi kepada calon wakil presiden (cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Debat menurut Gibran, dinilainya hanya menjadi forum gimmick, ketimbang menyampaikan gagasannya.

"Berbicara sebagai seorang pemimpin tentang suatu policy, bukan teka-teki silang. Sehingga greenflation itu tidak dikaitkan apa dengan kepentingan rakyat, apa dengan kepentingan nasional kita," ujar Hasto di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024) malam.

Ia juga sadar maksud syarat usia minimal 40 tahun untuk capres-cawapres yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Usia seseorang juga menjadi wujud kedewasaan pemimpin.

"Ini menunjukkan lagi-lagi bahwa kedewasaan seseorang itu menjadi sangat penting. Maka kami berpikir, 'Oh ternyata keputusan Mahkamah Konstitusi ketika melakukan rekayasa hukum oleh paman Mas Gibran, itu ternyata berdampak bahwa usia 40 tahun' itu ternyata sangat menentukan kedewasaan seseorang," ujar Hasto.

Di samping itu, Gibran dinilainya juga ikut berubah karena sifat dari Prabowo Subianto yang emosional. Menurutnya, sikap tersebut semakin menunjukkan bahwa Gibran jauh dari karakteristik kepemimpinan Jokowi.

"Kami kaget, karena Mas Gibran ternyata sudah jauh berubah, banyak terpengaruh ya hal-hal emosional dari Pak Prabowo. Sehingga Mas Gibran semakin jauh dari Pak Jokowi," ujar Hasto.

Mahfud sendiri menjawab ihwal pernyataannya soal pertanyaan recehan kepada Gibran. Ia menjelaskan, bahwa itu hanya merupakan bagian dari gimmick untuk mewarnai debat saja.

"Bagian dari gimmick aja, karena dia kan gimmick sesuatu yang ditanyakan, lalu dianggap bukan itu pertanyaanya. Padahal pertanyaannya itu saya katakan, ini kok jawabannya receh banget, saya bilang, saya kembali kan udah waktu serahkan ke moderator," ujar Mahfud usai debat.

Dalam debat, ia sudah menjawab pertanyaan Gibran tentang greenflation atau inflasi hijau. Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu melakukan gerak-gerik mencari jawaban darinya.

"Tapi dia tidak mengerti konsep itu, sehingga dibilang lho kok lain, sehingga saya bilang ke moderator udah lah kembalikan ke moderator saja. Ini nggak bisa dilanjutkan debat begini, karena masalahnya sudah dijawab," ujar Mahfud.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement