Selasa 23 Jan 2024 09:56 WIB

Belasan Kegiatan Pembagian Bansos Dilakukan Jokowi Dua Bulan Jelang Pemilu, Ini Catatannya

Jokowi bagikan bansos di tiap kunkernya selama Desember 2023 hingga 22 Januari 2024.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).
Foto:

Berikut catatan Republika terkait penyaluran berbagai program bansos oleh Jokowi dalam setiap kunjungan kerjanya selama Desember 2023 hingga 22 Januari 2024.

  1. Pada 4 Desember 2023, Jokowi menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di Gudang Bulog Batu Cermin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Selain itu, Jokowi juga menyalurkan bantuan El Nino kepada keluarga penerima manfaat. Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mengimbau masyarakat yang belum mendaftar program bantuan PKH dan BPNT agar bisa mendaftarkan diri ke RT/RW setempat.
  2. Pada 5 Desember 2023, Jokowi kembali menyalurkan bantuan pangan CBP di Kompleks Pergudangan Danga, Kabupaten Nagekeo, NTT. Bantuan pangan CBP disalurkan kepada penerima tambahan yang baru terdaftar. Untuk diketahui pada 2024, pemerintah menambah jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan pangan beras menjadi 22 juta KPM dari sebelumnya 21,3 juta KPM pada 2023.
  3. Pada 6 Desember 2023, Jokowi menyalurkan bantuan pangan CBP di Gudang Bulog Baru Tenau, Kota Kupang, NTT. Jokowi juga memastikan penyaluran bantuan El Nino senilai Rp 400 ribu ke masyarakat penerima manfaat.
  4. Pada 13 Desember 2023, Jokowi menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Selain itu, Jokowi juga menyalurkan bantuan pangan CBP di Gudang Bulog Bondasari, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ini, Jokowi juga  menyalurkan BLT Puso di Kantor Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, sehingga para petani yang terdampak puso segera melakukan penanaman kembali. BLT Puso di Jateng diserahkan ke enam ribu petani dengan total luas lahan terdampak 16 ribu hektare.
  5. Pada 14 Desember 2023, Jokowi membagikan BLT El Nino di Kantor Pos Malang, Kota Malang, Jawa Timur. Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mengatakan bahwa bantuan pangan CBP akan diperpanjang pemerintah jika APBN mencukupi. Selain itu, Jokowi juga membagikan bantuan pangan CBP di Gudang Bulog Gadang, Kota Malang, Jawa Timur.
  6. Pada 27 Desember 2023, Jokowi kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  7. Pada 28 Desember 2023, Jokowi juga menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Manado, Kota Manado, Sulawesi Utara.
  8. Pada 2 Januari 2024, saat mengunjungi Gudang Bulog Gumilir, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jokowi memastikan penyaluran bantuan pangan CBP berjalan baik. Ia juga memastikan penyaluran bantuan pangan akan terus dilanjutkan hingga Maret 2024 dan bisa diteruskan hingga Juni 2024 jika APBN memungkinkan.
  9. Pada 3 Januari 2024, Jokowi memastikan penyaluran bantuan pangan dan BLT EL Nino berjalan baik di Gudang Bulog Klahang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kemudian ia juga mengunjungi Gudang Bulog Munjung Agung, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, untuk memastikan penyaluran bantuan pangan CBP berjalan baik kepada penerima manfaat yang merupakan penerima tambahan.
  10. Pada 8 Januari 2024 di Gudang Bulog GBB Umbul Tengah, Kota Serang, Banten, Jokowi menyerahkan bantuan pangan CBP.
  11. Pada 22 Januari 2024, Jokowi kembali melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Ia memastikan penyaluran bantuan pangan CBP berjalan baik di Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Jika APBN memungkinkan, Jokowi mengatakan program bantuan tersebut akan dilanjutkan hingga Juni 2024.  Kemudian di hari yang sama, Jokowi menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2024, di Lapangan Tenis Moncer Serius, GOR Samapta, Kota Magelang, Jawa Tengah. Bantuan diberikan kepada para siswa dalam bentuk tabungan. Selain itu, Jokowi juga menyerahkan bantuan pangan CBP, di Gudang Bulog Bengkal Lor, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Masyarakat penerima bantuan merupakan penerima manfaat tambahan yang baru mulai mendapatkan bantuan pada Januari 2024.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement