Rabu 14 Feb 2024 13:26 WIB

Indikator Prediksi Prabowo-Gibran Peroleh 54 Persen, Pilpres Satu Putaran?

Indikator Politik memprediksi Prabowo-Gibran memperoleh 54 persen suara.

Rep: Joko Sadewo/ Red: Bilal Ramadhan
Boneka raksasa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Indikator Politik memprediksi Prabowo-Gibran memperoleh 54 persen suara.
Foto:

Survei tersebut dilaksanakan dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar di seluruh provinsi secara proporsional. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dengan temuan survei ini maka potensi Pilpres 2024 akan berjalan dalam satu putaran akan terbuka. Karena masih ada margin of error, secara konservatif masih ada peluang terjadinya dua putaran.

"Tetapi angka 51,6 persen dan tren naiknya Prabowo-Gibran, maka saya bisa mengatakan potensi (pilpres) satu putaran meningkat,” papar Burhanuddin. 

"Terbukti atau tidak? Kita tunggu hasil hitung cepat (quick count) Indikator," ucap Burhanuddin Muhtadi.

Diketahui, salah satu syarat pilpres digelar 1 putaran adalah meraih 50 persen plus 1 suara, suara sedikitnya 20 persen di setiap provinsi, dan tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia atau 20 provinsi. Ini sesuai Pasal 6A ayat (3) dan (4) UUD Tahun 1945.

Burhan melanjutkan, Indikator melakukan quick count sebagai alat kontrol dan indikasi perolehan suara dengan tujuan mengantisipasi potensi kecurangan suara. Pelaksanaannya dengan sampel data secara random, tetapi memakai metodologi ilmiah.

 

"Sehingga, hasilnya akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement