Ahad 10 Dec 2023 14:31 WIB

Persiapan Debat Capres, Anies dan Cak Imin Pilih Istirahat Kampanye

Menurut Syaugi, Amin akan mengikuti setiap aturan KPU mengenai agenda debat capres.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Kapten Timnas Amin Muhammad Syaugi Alaydrus (tengah) saat menerima kunjungan Partai Pelita yang mendeklarasikan dukungan untuk AMIN di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (10/12/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Kapten Timnas Amin Muhammad Syaugi Alaydrus (tengah) saat menerima kunjungan Partai Pelita yang mendeklarasikan dukungan untuk AMIN di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (10/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) dan cawapres Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin), istirahat sejenak dari rutinitas kampanye menjelang agenda debat perdana capres. Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres pada 12 Desember 2023.

"Iya (istirahat), setiap hari kan ada persiapan-persiapan kan, baik itu untuk kampanye, sekarang persiapan untuk pelaksanaan debat ya. Jadi, semua itu perlu dipersiapkan," kata Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN, Muhammad Syaugi Alaydrus, di Posko Perubahan di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (10/12/2023).

Baca Juga

 

Syaugi menuturkan, pasangan AMIN siap dan tidak masalah dengan materi debat. Pihaknya mengaku, pasangan AMIN sudah mempersiapkan dengan matang setiap kegiatan.

 

"Selama kita punya perencanaan yang baik meng-organize organisasi kemudian ambil keputusan. Jadi, itu yang selalu disampaikan oleh Pak Anies maupun Pak Muhaimin, sehingga setiap kegiatan itu direncanakan dengan baik," ujar eks kepala Basarnas tersebut.

 

Syaugi menyebut, AMIN akan mengikuti dengan baik setiap aturan KPU mengenai agenda debat dengan menyiapkan berbagai isu yang bakal dibahas di dalam debat. Terlebih, kata dia, Anies dan pasangannya memiliki pengalaman yang mumpuni, baik secara memimpin di pemerintahan maupun dialog bersama masyarakat selama berkampanye.

"Saya pikir kita sudah tahu semua, Pak Anies selama lima tahun di Jakarta kan semua dilakukan, nanti silakan saja Pak Anies kan selama ini dengan program 'Desak Anies' itu bukan mudah loh kita, ya kan 'Slepet Imin' itu kan jadi sudah terlatih lah beliau-beliau ini," kata Syaugi.

Sejak masa kampanye yang mulai berlangsung pada 28 November 2023, Anies aktif berkeliling daerah. Dimulai dari Jakarta, Bogor, Bandung, lalu Cirebon, Medan, Lampung, Bengkulu, serta Banjarmasin, sudah disinggahinya.

Berdasarkan hasil ketentuan KPU RI, debat pertama untuk capres digelar pada 12 Desember 2023. Temanya meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

 

Kemudian, debat kedua untuk cawapres digelar 22 Desember 2023. Temanya meliputi ekonomi, baik kerakyatan, maupun digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/D, infrastruktur, dan perkotaan.

 

Adapun debat ketiga untuk capres digelar pada 7 Januari 2024. Temanya pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat keempat untuk cawapres digelar pada 21 Januari 2024 dengan tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

 

Adapun, debat pamungkas untuk capres digelar 4 Februari 2024. Temanya meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement