Rabu 14 Feb 2024 10:56 WIB

Nyoblos saat Gerimis, Prabowo: Hujan Membawa Berkah

Prabowo berencana memantau hasil perhitungan cepat di kediamannya.

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menjawab pertanyaan jurnalis usai menggunakan hak pilihnya di Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menjawab pertanyaan jurnalis usai menggunakan hak pilihnya di Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto telah menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) dekat rumahnya di Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024) pagi. Prabowo mencoblos saat gerimis masih turun, usai hujan mengguyur desa tersebut sejak Rabu subuh.

Menurut Prabowo, hujan membawa rezeki. Karena itu, dia berharap hujan yang mengguyur membawa berkah berupa lancarnya pemungutan suara Pemilu 2024 di Tanah Air. "Dalam kepercayaan rakyat kita, hujan membawa berkah, hujan membawa rezeki," kata Prabowo kepada awak media usai nyoblos.

Baca Juga

"Jadi, kita patut bersyukur, mudah-mudahan semua berjalan lancar. Insya Allah. Kita tunggu hasilnya," ujarnya menambahkan. Prabowo berharap bisa memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. "Insya Allah," jawabnya singkat ketika ditanya awak media apakah harapannya bisa menang satu putaran.

Berdasarkan UU Pemilu, syarat untuk memenangi pilpres dalam satu putaran adalah meraih 50 persen plus satu suara dan mendapatkan minimal 20 persen suara di 20 provinsi.

Terkait kegiatannya usai nyoblos, Prabowo mengaku akan kembali ke kediamannya di Bukit Hambalang yang berjarak sekitar satu kilometer dari TPS 33. Di rumah pribadinya itu, Prabowo berencana memantau hasil perhitungan cepat atau quick count raihan suara Pilpres 2024.

"Nanti saya lihat perkembangannya (akan memantau quick count di mana nanti). Saya di atas (rumah) dulu. Kita lihat perkembangannya," kata sosok yang sudah empat kali menjadi kontestan pilpres itu.

Prabowo diketahui nyoblos di TPS 033, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasi TPS tersebut berjarak sekitar satu kilometer dari kediaman pribadinya di Bukit Hambalang.

Berdasarkan pantauan Republika, Prabowo tiba di TPS 033 sekitar pukul 08.58 WIB menggunakan mobil Alphard pribadinya. Menteri Pertahanan itu didampingi sejumlah ajudannya, termasuk Mayor Inf Teddy Indra Wijaya.

Prabowo yang mengenakan kemeja warna biru langit dan topi warna biru gelap langsung masuk ke TPS. Prabowo lantas menunggu beberapa menit sebelum mendapatkan giliran mencoblos di bilik suara. 

Tiba gilirannya, Ketua Umum Partai Gerindra itu tampak mencoblos semua surat suara. Dia lantas memasukkan surat suara yang sudah dicoblos itu ke kotak suara, sembari sesekali menunjukkan surat suara yang sudah dilipat tersebut ke arah awak media.

Kemudian, Prabowo mencelupkan jari telunjuk dan jari tengah tangan kanannya ke botol tinta. Dia lantas mengacungkan dua jarinya yang sudah berwarna biru itu dan memperlihatkannya ke arah kamera awak media. 

Adapun pemilih pada umumnya hanya mencelupkan jari kelingkingnya ke botol tinta. Prabowo mencelupkan dua jari sesuai dengan nomor urutnya dalam kontestasi Pilpres 2024.

Setelah menyelesaikan semua proses pencoblosan, Prabowo menyampaikan keterangan pers singkat kepada awak media. Kemudian dia menyapa sejumlah warga yang berkumpul di sekitar TPS. Dia lalu menaiki mobil Alphard warna putihnya lagi untuk kembali ke kediamannya di Hambalang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement