Sabtu 09 Mar 2024 08:55 WIB

Real Count di Sirekap Disetop, KPU Ajak Publik Fokus ke Rekapitulasi Manual

KPU menyebut ketidakakuratan Sirekap arena kesalahan pemindaian.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Komisioner KPU RI August Mellaz ketika diwawancarai wartawan usai rapat persiapan debat dengan perwakilan tim pasangan capres-cawapres dan perwakilan media penyelenggara di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).
Foto:

Publik bisa mengakses dokumen tersebut di laman publikasi Sirekap. "Formulir C Hasil dan D Hasil yang merupakan potret data otentik itu ada (di laman publikasi Sirekap)," ujarnya.

Sebagai gambaran, real count KPU dilakukan menggunakan serangkai proses lewat aplikasi Sirekap. Pertama, petugas KPPS memfoto C.Hasil plano, lalu diunggah ke aplikasi Sirekap.

Lantas, teknologi optical character recognition (OCR) yang tersemat di aplikasi itu mengkonversi raihan suara dari format gambar menjadi teks. Hasil konversi dari semua TPS selanjutnya diakumulasikan menjadi real count, lalu diunggah di laman pemilu2024.kpu.go.id.

Di laman tersebut, biasanya ditampilkan total raihan suara pasangan capres-cawapres secara nasional maupun di setiap provinsi. Tayangan hasil penghitungan suara sementara itu dilengkapi grafik lingkaran. 

Di laman yang sama, biasanya ditampilkan total raihan suara partai politik secara nasional, per provinsi, ataupu per daerah pemilihan. Penayangan dilengkapi diagram batang. Selain itu, ditampilkan pula total raihan suara caleg.

Dokumen C.Hasil dan D.Hasil...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement