Kamis 14 Mar 2024 02:56 WIB

Ini Deretan Nama Caleg Berpotensi Gagal di Dapil Jakarta III

Jika tak lolos ambang batas parlemen, satu kursi PSI beralih ke PDIP.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria saat diwawancarai awak media di sebuah hotel di Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).
Foto:

Dia adalah anak kedua dari Ketua Umum Perindo yang juga konglomerat media, Harry Tanoesoedibjo. Valencia diusung oleh partai bikinan bapaknya itu di Dapil Jakarta III dan diberikan nomor urut 1. Usai pemungutan suara, ternyata 30.157 pemilih mencoblos Valencia.

Dia merupakan caleg peraih suara terbanyak di antara delapan caleg Perindo di dapil tersebut. Namun, keunggulan tersebut seperti tak berarti karena Perindo tidak memenangkan kursi DPR di dapil tersebut. Pasalnya, total raihan suara Perindo kalah jauh dibanding partai lain. Selain itu, total raihan suara Perindo secara nasional diprediksi juga tak mencapai ambang batas parlemen 4 persen.

6. Cheryl Anelia Tanzil

Mantan penyiar berita yang kini menjabat sebagai Ketua DPP PSI itu juga hampir pasti gagal melaju ke Senayan. Maju sebagai caleg PSI nomor urut 2, Cheryl mengumpulkan 27.017 suara. Dia peraih suara terbanyak kedua setelah Grace Natalie. Karena itu, satu kursi yang mungkin dimenangkan PSI jika lolos parlemen akan menjadi milik Grace.

7. Grace Natalie

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI ini merupakan caleg peraih suara terbanyak di Dapil Jakarta III, yakni 193.556. Raihan suara yang besar itu lah yang mengantarkan PSI memenangkan satu kursi DPR.

Namun, Grace berpotensi tak bisa mendapatkan kursi tersebut apabila total raihan suara PSI secara nasional tak mencapai ambang batas parlemen 4 persen. Sebagai catatan, partai yang tidak mencapai parliamentary threshold tidak akan dilibatkan dalam proses konversi suara menjadi kursi.

Apabila benar PSI tak lolos parlemen, maka satu kursi yang seharusnya dimenangkan Grace akan jatuh kepada caleg PDIP Darmadi Durianto. Jika PSI lolos, maka Damardi yang harus terlempar dari Senayan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement