Selasa 13 Feb 2024 21:42 WIB

Polisi Ungkap Kronologi Perusakan dan Sabotase Pemilu 2024 di Paniai

Bawaslu merekomendasikan pencoblosan pada 14 Februari dibatalkan di Paniai.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Pengadangan dan perusakan logistik pemilu di Kabupaten Paniai, Papua Tengah, Selasa (13/2/2024).
Foto:

Namun, kata AKBP Andus saat rombongan pengiriman logistik itu tiba di pertigaan arah Kampung Keniyapa, ada perahu cepat yang juga membawa perlengkapan pemilu itu yang membelokkan arah tujuan ke lain arah, ke Jembatan Keniyapa. Rombongan perahu cepat lainnya yang tetap pada tujuan ke Pelabuhan Distrik Muye, tiba di lokasi sempat menunggu satu speedboat yang ‘melarikan diri’ itu.

Akan tetapi, setelah ditunggu satu rombongan perahu cepat tersebut, tak muncul-muncul. Padahal satu rombongan itu, membawa sejumlah logistik pemilu. “Hal tersebut membuat rombongan speedboat yang sudah tiba membawa logistik pemilu di Distrik Muye, kembali ke Enarotali dengan mengembalikan logistik pemilu ke Kantor KPU Kabupaten Paniai,” kata AKBP Abdus.

Menurut AKBP Abdus, setelah logistik dikembalikan ke KPU Paniai, rombongan pembawa logistik melaporkan peristiwa itu ke Polres Paniai dengan serta membawa 110 kotak surat suara. Dari pengecekan logistik pemilu yang semula dibawa, telah hilang Formulir C-1 Hasil Plano.

Terpisah, peristiwa perusakan logistik pemilu juga terjadi di Distrik Aweida, pada Senin (12/2/2024). “Yaitu berupa perampasan, dan pembakaran logistik pemilu yang terjadi di dekat Danau Darauto,” kata AKBP Abdus.

Di Distrik Kebo, kata AKBP Abdus, kepolisian juga menerima laporan tentang aksi perusakan dan pembakaran 165 kotak suara yang dilakukan kelompok orang tak dikenal (OTK).

Dari ragam peristiwa tersebut, AKBP Abdus mengatakan, kepolisian setempat melakukan analisis situasi di sejumlah distrik di Paniai. “Bahwa saat ini situasi di Kabupaten Paniai masih rawan. Namun tetap terkendali. Pihak kepolisian, sampai saat ini terus meningkatkan pengawasan, untuk memastikan keamanan untuk meredam peristiwa-peristiwa selanjutnya,” kata Abdus.

Rekomendasi pembatalan pemilu...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement