Senin 04 Mar 2024 19:48 WIB

'Ledakan' Raihan Suara PSI di Sirekap Diduga dari Suara tidak Sah? Ini Penelusurannya

KPU menegaskan perolehan suara resmi parpol mengacu hasil rekapitulasi berjenjang.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) menginput data penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 ke dalam aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tatanga, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (21/2/2024). Rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan di wilayah tersebut tetap menggunakan aplikasi Sirekap meskipun KPU menginstruksikan kepada sejumlah daerah tertentu di Indonesia untuk menghentikan sementara rekapitulasi di tingkat kecamatan guna memastikan sinkronisasi data dalam aplikasi Sirekap.
Foto:

Sementara, anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Simon Lamakadu membantah kenaikan suara partainya disebut tiba-tiba. Menurut dia, proses penghitungan itu dilakukan secara bertahap mulai dari jenjang tempat pemungutan suara (TPS) menggunakan formulir C Hasil plano.

"Menurut saya, tidak tiba-tiba ujug naik. Saya dan temen-kami kami kerja keras untuk PSI dan menurut saya hari ini memang PSI layak untuk dapat 4 persen," kata dia, Senin (4/3/2024).

Ia menambahkan, internal partainya juga yakin PSI akan melewati ambang batas 4 persen untuk bisa melaju ke Senayan. Apalagi, saat ini proses rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU juga belum selesai 100 persen.

Ketika ditanya mengenai faktor naiknya suara PSI, Simon mengatakan, selama ini seluruh kader partainya telah bekerja keras dan selalu turun ke warga. "Jangan lupa Jakarta hari ini kontributor terbesar untuk PSI. Kemudian juga, kehadiran ketum kami yang baru, Mas Kaesang itu juga memberi dampak signifikan untuk kenaikan (suara) PSI," ujar dia. 

Menurut Simon, Kaesang merupakan sosok yang selalu turun ke seluruh wilayah Indonesia. Ia menilai, hal itu membuka ruang kepada masyarakat untuk lebih mengenal PSI. "Saya percaya sih, suara kami akan ada di 4 persen untuk lolos ke Senayan. Jadi itu tidak turun dari langit, itu suara kerja keras dari teman-teman PSI, pengurus dan kader-kadernya," kata dia.

Daftar suara TPS berbeda dengan Sirekap...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement